Penerapan model Project Based Learning (PjBL) one man one tree untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa guna mendukung sekolah adiwiyata di SMAN 1 Torjun kelas XI-6 / Risnani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Project Based Learning (PjBL) one man one tree untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa guna mendukung sekolah adiwiyata di SMAN 1 Torjun kelas XI-6 / Risnani

Risnani (2016) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) one man one tree untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa guna mendukung sekolah adiwiyata di SMAN 1 Torjun kelas XI-6 / Risnani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Risnani. 2016. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Siswa Guna Mendukung Sekolah Adiwiyata di SMAN I Torjun Kelas XI-6. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph.D. Kata Kunci Project Based Learning One Man One Tree Pengetahuan Sikap Perilaku Berdasarkan hasil observasi kelas di XI-6 SMAN I Torjun tentang pengetahuan perilaku dan sikap terhadap lingkungan masih rendah. Kegiatan pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa sehingga kurang memunculkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa tentang kesadaran terhadap lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu ada model pembelajaran yang mampu meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree. Penelitian lain mengungkapkan bahwa model ini mampu meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan melibatkan guru dan peneliti. PTK dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Peneliti bertindak sebagai perencana tindakan guru pengajar pengamat data dan sebagai pelapor penelitian. Data penelitian dikumpulkan dari instrumen tes pengetahuan skala sikap manifestasi perilaku lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa lembar penilaian antar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMAN I Torjun tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 22 siswa (4 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dengan menggunakan gain score termonalisasi siklus I diperoleh skor postes pengetahuan sebesar 69 8 dengan gain score 0 6 tergolong sedang. Skor skala sikap sebesar 86 dengan gain score 0 8 tergolong tinggi. Skor manifestasi perilaku sebesar 69 dengan gain score 0 6 tergolong sedang. Siklus II diperoleh skor postes pengetahuan sebesar 88 1 dengan gain score 0 8 tergolong tinggi. Skor skala sikap sebesar 93 2 dengan gain score 0 9 tergolong tinggi. Skor manifestasi perilaku sebesar 90 4 dengan gain score 0 9 tergolong tinggi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku setelah pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa kelas XI-6 di SMAN I Torjun. Disarankan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Perlu dilakukan education action research model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree dalam peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku siswa dalam menjaga lingkungan yang tepat baik di rumah sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62373

Actions (login required)

View Item View Item