Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku Cambridge Fundamentals of Geophysics untuk kelas XI SMA/MA materi sebaran barang tambang / Lintang Prawindia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku Cambridge Fundamentals of Geophysics untuk kelas XI SMA/MA materi sebaran barang tambang / Lintang Prawindia

Prawindia, Lintang (2016) Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku Cambridge Fundamentals of Geophysics untuk kelas XI SMA/MA materi sebaran barang tambang / Lintang Prawindia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prawindia Lintang. 2016. PengembanganBahan Ajar GeografiStrukturBukuCambridge Fundamentals Of GeophysicsuntukKelas XI SMA/MA MateriSebaranBarang Tambang. Tesis. Program StudiPendidikanGeografi Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P. (II) Drs. I KomangAstina.M.S Ph.D. Kata Kunci pengembangan bahan ajar sebaranbarangtambang Pengembanganbahan ajar geografimaterisebaranbarangtambangdilatarbelakangiolehkelemahanpadabahan ajar kurikulum 2013 yang digunakanolehsiswa.KelemahantersebutdiketahuisetelahmelakukananalisisterhadapbukuteksgeografipenerbitErlanggapenulisK.Wardiyatmokountuksiswakelas XI yang digunakan di SMA Negeri 1 RejotanganTulungagung.Beberapakekurangannyaantara lain kebenaranbahasa substansi danpenyajiangambar. Selainitu kebutuhansiswaakanbahan ajar berkualitassesuaidengantujuankurikulum 2013 merupakansalahsatulatarbelakangdalampengembanganini. Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanbahan ajar geografimenggunakanstrukturbukuCambridge Fundamentals Of Geophysicsuntukkelas XI SMA/MA semester II padamaterisebaranbarangtambang..Buku yang dikembangkanberasaldaripenerbitErlangga.Produk yang dihasilkandapatdimanfaatkansebagaisumberbelajargeografibagikelas XI SMA/MA. PengembanganinimengacupadastrukturbukuCambridge Fundamentals Of Geophysics. Bukuinidipilihkarenamemilikibeberapakeunggulan.Selainitu sesuaidengantujuankurikulum 2013 yang menekankanaspekkognitif afektif danpsikomotor.Prosedurpengembanganmenggunakan model Dick and Carey. Model inimemilikisepuluhtahap namundisederhanakanmenjadilimatahap yaitu (1) mengidentifikasikompetensi inti dankompetensidasar (2) melakukananalisisbahan ajar (3) mengembangkanbahan ajar (4) validasidanrevisi dan (5) ujicobaproduk. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabahan ajar layakdigunakansiswadalampembelajaran. Hal iniditunjukkandarihasilpersentasekelayakanproduksebesar 82 4%. Hal inimenunjukkanbahwaprodukbahan ajar sudah valid dandapatdigunakan.Skorujipemahamanmaterimenunjukkan 32 siswatelahmencapainilai KKM.Ujipemahamanmanggunakansoaltentangmaterisebanyak 20 butirpilihangandadan 1 butir essay.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62372

Actions (login required)

View Item View Item