Yulianto, Aris (2016) Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII MTs Sunan Kalijaga Kota Malang / Aris Yulianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianto Aris 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo kota Malang. Tesis.Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.A. Fatchan M.Pd M.Si (II) Drs. I Komang Astina Ph.D. Kata kunci project based learning lesson study keaktifan belajar IPS Geografi Berdasarkan hasil observasi dan studi dokomentasi di MTs Sunan Kalijogo peneliti mendapatkan informasi bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa belum mengikuti pembelajaran dengan aktif. Siswa lebih banyak diam kemampuan berargumentasi dan bertanya masih rendah hanya 12% siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran. Siswa jarang berkunjung ke perpustakaan untuk mencari informasi dari sumber belajar yang ada di perpustakaan. Tingkat kepemilikan buku paket mata pelajaran sebagai pegangan siswa masih rendah. Selama ini proses pembelajaran mata pelajaran IPS dan mata pelajaran lainya lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan indvidu dalam bentuk penyelasaian soal pada LKS dari penerbit tertentu. Atas kondisi tersebut diperlukan penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study. Siswa menjadi aktif terlibat dalam proses pembelajaran atas dasar pengalamannya sendiri secara langsung. Berdasarkan Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2014-2015 MTs Sunan Kalijogo dengan jumlah 26 siswa. Data keaktifan belajar siswa diperoleh dari lembar observasi siklus I dan II yang dianalisis dengan menggunakan tabel % dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan keaktifan siswa terjadi karena dalam pembelajaran dengan menerapkan model project based learning berbasis lesson study siswa aktif untuk mengerjakan LKS menyusun dan menyelesaikan tugas proyek bersama kelompoknya. Tugas proyek yang sudah disusun dipresentasikan secara berkelompok dan terjadi interaksi dalam proses diskusi. Keaktifan belajar siswa yang diukur adalah 1) keaktifan bertanya 2) keaktifan menjawab 3) keaktifan berdiskusi 4) keaktifan bekerja sama. Kesimpulan pada akhir penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan dan temuan pada penelitian ini disarankan kepada guru untuk 1) mempersiapkan sumber belajar yang akan digunakan 2) memperhatikan dengan teliti aktivitas siswa yang mencari informasi melalui akses internet agar tidak mengakses informasi diluar kepentingan materi pembelajaran 3) pemberian tugas diluar jam pembelajaran perlu dilakukan agar terjadi keaktifan kerja kelompok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |