Peran guru geografi pada pembinaan olimpiade sains nasional di SMA Darul Ulum 2 Jombang unggulan BPPT Cambridge International School (CIS) ID 113 dalam perspektif konstruksionistik / Heris Hulay Fitern - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru geografi pada pembinaan olimpiade sains nasional di SMA Darul Ulum 2 Jombang unggulan BPPT Cambridge International School (CIS) ID 113 dalam perspektif konstruksionistik / Heris Hulay Fitern

Fitern, Heris Hulay (2016) Peran guru geografi pada pembinaan olimpiade sains nasional di SMA Darul Ulum 2 Jombang unggulan BPPT Cambridge International School (CIS) ID 113 dalam perspektif konstruksionistik / Heris Hulay Fitern. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitern Heris Hulay. 2016. Peran Guru Geografi pada Pembinaan Olimpiade Sains Nasional di SMA Darul Ulum 2 Jombang Unggulan BPPT Cambridge International School (CIS) ID 113 Dalam Perspektif Konstruksionistik. Tesis. Progam Studi Pendidikan Geografi Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. Kata kunci Peran guru pembinaan olimpiade sains nasional Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran dan pengembangan siswa seperti dalam menentukan kesuksesan siswa dalam olimpiade sains nasional. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan pola pembinaan dan peran guru geografi dalam pembinaan siswa olimpiade sains nasional. Tujuan penelitian ini untuk 1) menjelaskan pola pembinaan olimpiade sains nasional yang dilakukan oleh guru geografi 2) menjelaskan peran guru geografi dalam membina siswa olimpiade sains nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan konstruksionistik bertujuan untuk ini memahami tindakan individu. subjek dalam penelitian adalah guru geografi siswa yang mengikuti olimpiade dan wakil kepala sekolah bidang pengembangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pertama pola pembinaan di SMA 2 Darul Ulum Jombang dimulai dari Perencanaan yaitu pembentukan tim olimpiade persiapan materi dan soal Persiapan sarana prasarana pembentukan jadwal pembinaan Pelaksanaan meliputi (1) Pendataan minat (2) Tes pengetahuan umum (3) Tes wawancara (5) Pleno (6) Pembinaan (7) Olimpiade Sains Kabupaten (8) Olimpiade Sains Provinsi (9) Olimpiade Sains Nasional Pengawasan dan evaluasi. Kedua peran guru geografi dalam pembinaan siswa olimpiade di SMA 2 Darul Ulum Jombang memuat 20 peran yaitu guru sebagai pendidik pengajar pembimbing pelatih penasehat pembaharu (inovator) model dan teladan pribadi peneliti pendorong kreatifitas pembangkit pandangan pekerja rutin pemindah kelas pembawa cerita aktor emansipator evaluator pengawet ilmu kulminator pembangkit spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62370

Actions (login required)

View Item View Item