Peningkatan hasil belajar PKn materi Kebebasan Berorganisasi melalui model student teams achievement division di kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung / Wisdana Imanu Bakhtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materi Kebebasan Berorganisasi melalui model student teams achievement division di kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung / Wisdana Imanu Bakhtiar

Bakhtiar, Wisdana Imanu (2016) Peningkatan hasil belajar PKn materi Kebebasan Berorganisasi melalui model student teams achievement division di kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung / Wisdana Imanu Bakhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bakhtiar Imanu Wisdana. 2016. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Student Teams Achievement Division di Kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H. (2) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. Kata kunci hasil belajar pkn model student teams achievement division Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa guru kurang menerapkan model pembelajaran yang menarik sehingga anak menjadi bosan dan kurang aktif. Disamping itu guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga hanya melibatkan indivudu saja. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu hanya 5 dari 12 siswa yang tuntas dalam kegiatan pembelajaran dan untuk 7 siswa masih belum tuntas maka dari itu perlu diadakan tindakan perbaikan. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model student teams achievement division pada pembelajaran PKn dan mendeskripsikan hasil belajar PKn tentang kebebasan berorganisasi di Kelas V SDN I Suwaluh Kabupaten Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif yaitu ada tiga kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model student teams achievement division dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran PKn tentang kebebasan berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I mencapai 83% dan pertemuan II mencapai 89%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I aktivitas guru mencapai 94% dan pada pertemuan II mencapai 100%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang sebelumnya 70% pada pratindakan. Pada siklus I pertemuan I mencapai 74% pertemuan II mencapai 76% sedangkan pada siklus II pertemuan I mencapai 81% dan pertemuan II mencapai 86%. Untuk ketuntasan klasikal dari 42% pada patindakan pada siklus I pertemuan I mencapai 58% siklus I pertemuan II mencapai 75% siklus II pertemuan I mencapai 83% dan siklus II pertemuan II mencapai 92%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model Student Teams Achievement Division secara baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga terjadi peningkatan pada nilai siswa dari yang kurang baik menjadi baik. Oleh karena itu model STAD bisa dicoba diterapkan di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item