Pengembangan buku geografi SMA/MA pada kompetensi dasar menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota / Akhmad Munaya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku geografi SMA/MA pada kompetensi dasar menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota / Akhmad Munaya Rahman

Rahman, Akhmad Munaya (2016) Pengembangan buku geografi SMA/MA pada kompetensi dasar menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota / Akhmad Munaya Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Akhmad Munaya 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pola Persebaran Dan Interaksi Spasial Desa Dan Kota. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos dan (II) Dr. Singgih Susilo M.S. M.Si. Kata Kunci Buku Teks Geografi Pola Persebaran Interaksi Spasial. Buku teks yang digunakan sekolah masih mengacu pada kurikulum KTSP sehingga kurang relevan dengan kurikulum 2013. Hanya sebagian besar siswa mampu mencapai nilai KKM dan beberapa siswa lainnya mendapat nilai di bawah KKM. Analisis kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk materi pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota berupa buku teks. Kelemahan buku teks terdapat pada penjelasan materi masih bersifat umum pemberian ilustrasi yang berbeda dengan kondisi lingkungan siswa tidak adanya pemberian contoh gambar tentang konsep kongkrit dan beberapa kesalahan pada komponen kebahasaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengembangkan buku teks geografi pada kompetensi dasar menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial desa dan kota (2) mengetahui keefektifan buku teks yang dikembangkan dan (3) mengetahui kelayakan buku teks geografi di SMA/MA. Metode penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan yang menggunakan model Dick Carey (2009) dan diadaptasi menjadi lima tahap. Tahap metode tersebut mencakup (1) studi pendahuluan (2) menganalisis materi pembelajaran (3) pengembangan dan penyusunan buku teks geografi (4) validasi ahli dan uji coba produk dan (5) revisi produk buku teks geografi. Uji coba produk hasil pengembangan meliputi (1) ahli materi (2) ahli bahasa (3) ahli desain pembelajaran (4) guru (5) uji coba kelompok kecil dan (6) uji lapangan. Subjek uji coba kelompok kecil produk terdiri dari 10 siswa MAN 1 Amuntai dan uji lapangan 15 siswa MAS Bustanul Ulum. Berdasarkan hasil validasi uji coba kelompok kecil dan uji lapangan terhadap komponen buku teks jumlah skor yang didapat yakni (a) ahli materi adalah 89 4% (b) ahli bahasa adalah 75% (c) ahli desain pembelajaran adalah 68% (d) tanggapan guru adalah 88 2% (e) uji coba kelompok kecil adalah 78 1% dan (f) uji lapangan adalah 80 2% dari yang diharapkan (100%). Nilai rata-rata hasil validasi uji coba kelompok kecil dan uji lapangan buku teks geografi yang dikembangkan mendapatkan tingkat persentase 79 8%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku teks yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi pengembangan lebih lanjut karena penelitian pengembangan yang dilakukan hanya terbatas pada beberapa aspek seperti lokasi uji coba dan kajian materi maka diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menghasilkan buku teks dengan kajian materi yang lebih lengkap dan luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62368

Actions (login required)

View Item View Item