Kajian isi dan pendekatan saintifik buku geografi SMA kelas X semester I berdasarkan kurikulum 2013 / Ana Susiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian isi dan pendekatan saintifik buku geografi SMA kelas X semester I berdasarkan kurikulum 2013 / Ana Susiati

Susiati, Ana (2016) Kajian isi dan pendekatan saintifik buku geografi SMA kelas X semester I berdasarkan kurikulum 2013 / Ana Susiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susiati Ana. 2016. Kajian Isi dan Pendekatan Saintifik Buku Siswa Geografi SMAKelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2013. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si. Kata kunci kajian isi pendekatan saintifik kurikulum 2013 Pembelajaran pada kurikulum 2013 akan terlaksana dengan baik jika didukung bahan ajar yang baik pula. Buku geografi masih menjadi bahan ajar utama bagi siswa sampai saat ini. Berdasarkan hasil analisis awal diketahui bahwa buku geografi yang sudah dinilai kelayakannya oleh BNSP belum sesuai objek kajian geografi dan pendekatan pembelajaran saintifik. Berdasarkan hal tersebut maka buku perlu dikaji lebih lanjut. Telaah buku ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian materi buku dengan obyek kajian geografidan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan dokumen sebagai objeknya. Dokumen tersebut berupa buku geografi untuk kelas X SMA karangan Bambang Nianto Mulyo dan Purwadi Suhandini.Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun konsep fakta (data) generalisasi media dan aktivitas siswa dalam buku kemudian dinilai kesesuaiannya. Data yang tidak sesuai akan diperbaiki oleh peneliti kemudian dikonfirmasikan kepada validator. Hasil penelitian akan dipaparkan dalam bentuk narasi dengan mengikutsertakan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan isi buku kurang sesuai dengan objek kajian geografi dan aktivitas saintifik pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013. Isi buku yang meliputi konsep fakta (data) generalisasi dan media cukup sesuai dengan obyek material geografi. Sebaliknya isi buku yang berupa uraian materi kurang sesuai dengan obyek formal geografi. Langkah saintifik pada buku siswa juga kurang sesuai dengan pendekatan saintifik karena banyak indikator dalam langkah saintifik yang belum diikutsertakan Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pengguna buku siswa khususnya guru hendaknya menelaah isinya telebih dahulu sebelum buku digunakan. Selain itu penulis buku hendaknya menguasai metode penulisan buku yang baik. Penerbit disarankan untuk lebih efektif menyunting buku. BSNP hendaknya lebih ketat dalam menilai kelayakan buku siswa yang akan diedarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62367

Actions (login required)

View Item View Item