Pengembangan media video pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal untuk SMA menggunakan Adobe Flash CS3 Professional / Rohana Sufia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal untuk SMA menggunakan Adobe Flash CS3 Professional / Rohana Sufia

Sufia, Rohana (2016) Pengembangan media video pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal untuk SMA menggunakan Adobe Flash CS3 Professional / Rohana Sufia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohana Sufia. 2016. Pengembangan Media Video Pembelajaran Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal untuk SMA Menggunakan Adobe Flash CS3 Professional. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci video pembelajaran lingkungan hidup kearifan lokal. Kurikulum 2013 memiliki standar kompetensi lulusan yang meliputi sikap pengetahuan dan keterampilan sesuai jenjang pendidikan yang ditempuh. Pendidikan lingkungan hidup kaitannya dengan matapelajaran Geografi dalam kurikulum 2013 memiliki keterikatan materi dan menuntut siswa untuk mampu berfikir kritis logis dan analistis. Kemampuan berpikir siswa dapat dirangsang menggunakan media pembelajaran salah satunya menggunakan media video. Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah media video pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal untuk siswa SMA. Substansi materi tentang kerusakan lingkungan dan peran kearifan lokal dalam menanggulangi dampaknya. Materi kerusakan lingkungan yang disampaikan adalah kerusakan lahan pertanian yang terdapat pada beberapa titik di Kabupaten Banyuwangi. Kearifan lokal yang disajikan adalah kegiatan masyarakat adat Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi dalam menjaga kelangsungan sumber air. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yang dimodifikasi. Prosedur tersebut bersifat prosedural sehingga memiliki kelebihan dibanding dengan metode pengembangan lain. Nilai-nilai untuk menyahihkan produk media diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi ahli media dan praktisi serta hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian dan pengembangan produk media video pembelajaran menunjukkan bahwa media video pembelajaran valid layak dimanfaatkan dan memiliki kualitas yang baik. Nilai validitas isi materi sebesar 80.35% nilai validitas tampilan media sebesar 98.5% hasil uji dua praktisi untuk keterterapan media dengan kondisi sebesar 96.97% dan 100%. Hasil uji coba kelompok kecil untuk mengetahui nilai tampilan produk sebesar 94.67% sedangkan hasil uji kelompok besar untuk mengetahui kualitas dan kemenarikan produk sebesar 89.02%. Secara keseluruhan skor nilai tersebut berada pada kategori interpretasi valid sangat sesuai baik dan menarik. Dengan kondisi tersebut maka media video pembelajaran bisa melanjutkan proses penyebaran (dissemination). Hasil kajian terhadap media video diketahui terdapat kekurangan dan kelebihan. Kekurangan media video dari segi penerapan teknologi diantaranya adalah belum menggunakan sistem auto play saat disimpan dalam kepingan DVD dan membutuhkan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar. Kelebihan media video mampu membawa contoh kontekstual ke dalam kelas serta mampu menggugah minat siswa dalam kelangsungan lingkungan hidup disekitar tempat tinggal. Saran penggunaan media lebih baik digunakan dalam proses pembelajaran yang didampingi oleh guru karena media video ini bukan media yang diciptakan dengan bentuk produk akhir berupa multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62366

Actions (login required)

View Item View Item