Perbandingan model pembelajaran group investigation dengan problem based learning berbasis multiple intelligences terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran group investigation dengan problem based learning berbasis multiple intelligences terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti

Wijayanti, Amalia Putri (2016) Perbandingan model pembelajaran group investigation dengan problem based learning berbasis multiple intelligences terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi siswa SMA / Amalia Putri Wijayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Amalia Putri. 2016.Perbandingan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligences terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Group Investigation Problem Based Learning Kemampuan Memecahkan Masalah Hasil Belajar Group Investigation dan Problem Based Learning berbasisMultiple Intelligencesmerupakan model pembelajaran mandiri dengan mengkonstruksi kemampuan dalam diri siswa. Every child is special artinya setiap siswa memiliki kecerdasan masing-masing dipengaruhi pemahaman konsep pengalaman hidupdan dibuktikan dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan. Implementasi model pembelajaran ini akan membuat siswa mengetahui potensi sesuai kecerdasan dan memudahkan mengkonstruksi pemahaman siswatentang permasalahan lingkungan di wilayah Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model Group Investigation dengan Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligencesterhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent group design. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kota Batu Semester Genap tahun ajaran 2015/2016. Penilaian kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar Geografi menggunakan instrumen soal pretest dan posttest yang telah divalidasi dan uji reliabilitas. Analisismenggunakantwo way anavadengan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi dengan menggunakan Group Investigation dan Problem Based Learning berbasis Multiple Intelligences. Rata-rata hasil belajar Group Investigation lebih tinggi 4 2 dibandingkan Problem Based Learning sedangkan kemampuan memecahkan masalahProblem Based Learning memiliki nilai yang lebih tinggi 4 dibandingkan Group Investigation.Dapat disimpulkan bahwapenggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar sedangkan penggunaan model Problem Based Learning dapat mendorong siswa dalam kemampuan memecahkan masalah. Saran yang diberikan bagi guru sebagai berikut a) Pada pembelajaran jangan menganggap semua siswa memiliki kecerdasan sama karena siswa memiliki kecerdasan beraneka ragam sehingga penggunaan Multiple intelligences disarankan bagi semua mata pelajaran b) untuk memfasilitasi pembelajaran yang memperhatikan multiple intelligences yang berbasis lingkungan disarankan menggunakan model Group Investigation dan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62365

Actions (login required)

View Item View Item