Konstruksi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang / Devi Ratih Retnowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang / Devi Ratih Retnowati

Retnowati, Devi Ratih (2016) Konstruksi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang / Devi Ratih Retnowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratih Retnowati Devi 2016. Konstruksi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ach Fatchan M.Pd M.P. (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata kunci Berprestasi Konstruksi Setiap mahasiswa dalam upaya mencapai prestasi tidak terlepas dari realitas sosial pribadinya. Dalam pandangan Weber bahwa tindakan setiap manusia itu adalah berupa tindakan pilihan rasional (rationale choice). Tindakan pilihan rasional tersebut senantiasa terkait dengan memahami motif dan arti dari tindakan masing- masing individu itu sendiri. Pendekatan konstruksi akan menggali tentang bentuk perilaku maupun tindakan berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi Universitas Negeri Malang. Prestasi bukanlah realitas sederhana tetapi merupakan struktur pengalaman dari tindakan mahasiswa pada proses pencapaian prestasinya yang utama untuk digali. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk- bentuk perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang dan memahami makna perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan konstruksi dan dalam penelitian ini 8 mahasiswa S1 Pendidikan Geografi yang berpresatasi. Pemilihan subjek menggunakan teknik Conditio Sine Quanon. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil temuan proposisi I bentuk-bentuk perilaku berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi terbentuk dipengaruhi (1) cara belajar seperti mempunyai waktu khusus belajar memiliki strategi belajar memiliki kelebihan mudah mengingat memiliki kreatifitas belajar belajar berdasarkan situasi dan kondisi semangat untuk terus belajar (2) pergaulan seperti selektif memilih teman mandiri memliki pemikiran yang sama terhadap teman belajar merasa rajin diantara teman-temannya (3) keluarga seperti mendapat dukungan orangtua merasa dibanggakan keluarga bentuk perhatian orangtua keyakinan mendapatkan beasiswa merasakan manfaat pendidikan orangtua mempunyai tanggungjawab membanggakan orangtua. Pada temuan proposisi II pemahaman makna perilaku/tindakan berprestasi mahasiswa adalah jika menjadi kebanggaan keluarga kemandirian rasa optimis adanya peluang kerja pandai mengatur waktu kepercayaan keluarga cita-cita sikap perfeksionis dan percaya diri mendorong seseorang tetap berprestasi. Saran dalam penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan pendekatan riset positivistik untuk menguji transferabilitas proposisi yang ditemukan riset ini sehingga memperkaya temuan-temuan teori tentang prestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62362

Actions (login required)

View Item View Item