Pengaruh model group investigation berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Valeriana Rasweda Shela Perwitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model group investigation berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Valeriana Rasweda Shela Perwitasari

Perwitasari, Valeriana Rasweda Shela (2016) Pengaruh model group investigation berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Valeriana Rasweda Shela Perwitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perwitasari Valeriana Rasweda Shela. 2016. Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Outdoor Studyterhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. Kata Kunci group investigation outdoor study berpikir analitis Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang berbasis konstruktivisme. Pembelajaran ini dapat menumbuhkan kemampuan berpikir analitis siswa. Group Investigation berbasis outdoor studymelaksanakan investigasi di lapangandengan wawancara dan observasi. Siswa diajak keluar kelas menuju lokasi obyek pengamatan dengan materi pengaruh atmosfer terhadap kehidupan di permukaan bumi. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskanmodel Group Investigation berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa di SMA.Penelitian ini ialahpenelitian eksperimen semu yang termasuk penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang dikembangkan adalah Pretest-PosttestControl Group Design.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dengan kelas eksperimen X-IIS.1 dan kelas kontrol X-IIS.2 masing-masing kelas terdiridari 36 siswa. Pengumpulan data dengan pemberian tes sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Analisis data dengan menggunakangain score kemampuan berpikir analitis siswa dengan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa di SMA Negeri 1 Lawang. Siswa dari kelas eksperimen memperlihatkan kegembiraan dalam partisipasi kepercayaan diri dalam meraih tujuan yang pada mulanya telah mereka tentukan. Kepekaan sosial terlihat ketika mereka telah menyelesaikan tugas pribadinya kemudian tergerak untuk membantu tugas teman sekelompoknya menyelesaikan tugas demi kesuksesan kelompok. Model pembelajaran Group Investigation berbasis outdoor studylayak diterapkan pada pembelajaran geografi. Pembelajaran outdoor study hendaknya tidak hanya sekali waktu saja tapi dengan beberapa kali pertemuan agar membantu siswa mengasah kemampuan berpikir analitis. Selain itu sasaran obyek/lokasi untuk outdoor study perlu diperhatikan apakah relevan dengan materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62361

Actions (login required)

View Item View Item