Pengembangan modul geografi pariwisata berbasis paket wisata Pulau Lombok / Andrinata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul geografi pariwisata berbasis paket wisata Pulau Lombok / Andrinata

Andrinata (2016) Pengembangan modul geografi pariwisata berbasis paket wisata Pulau Lombok / Andrinata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrinata 2016. Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok pada Materi Keragaman Objek dan Daya Tarik Wisata. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd dan (II) Drs.I Komang Astina M.S. Ph.D. Kata Kunci Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Paket Wisata Pulau Lombok Kendala yang dihadapi pada mata kuliah Geografi Pariwisata adalah bahan ajar yang terbatas. Bahan ajar tersebut juga masih bersifat umum belum mendukung sifat belajar mandiri dan belum menjunjung sifat kontekstual dengan kondisi lingkungannya. Kondisi bahan ajar yang demikian mengakibatkan pandangan mahasiswa tentang keterkaitan Geografi Pariwisata dengan lingkungannya masih abstrak.Isinya masih berupa konsep dan pariwisata sebagai disiplin ilmu bukan sebagai bidang studi geografi sehingga tujuan kompetensi yang dirumuskan belum terjacapai.Berdasarkan hasil diskusi survei dan analisis bahan ajar tersebutmenunjukkan perlunya melakukan pengembangan bahan ajar pada mata kuliah Geografi Pariwisata. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok yang disusun sesuai dengan desain modulC Michael Hall dan Stephen J. Page. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian pengembangan yang menggunakan model Dick Carey dan disederhanakan menjadi enam langkah.Kualitas produk diketahui melalui hasil tanggapan dari dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa pada saat uji lapangan.Subjek uji coba yakni mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong pada semester VI tahun 2013 yang telah menempuh mata kuliah tersebut. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan jumlah skor yang didapat yakni (a) penilaian ahli desain pembelajaran terhadap komponen modul adalah 82 7 (b) penilaian ahli isi/materi terhadap komponen modul 83% (c) penilaian ahli bahasa terhadap komponen modul 76% (d) penilaian dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa terhadap angket yang dibagikan terkait dengan produk yang dikembangkan yakni masing-masing memperoleh nilai 84 28% dan 86 4%. Nilai rata-rata hasil validasi dan uji coba lapangan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar dengan tingkat persentase 82 5%. Beberapa saranbagi pengembangan lebih lanjut yakni Pertama bahan ajar sebaiknya dikembangkan secara utuh pada semua kompetensi dasar danlebih dari satu kajian sehingga menghasilkan produk modul yang utuh dalam satu mata kuliah.Kedua peneliti hanya mengambil data hasil tanggapan mahasiswa dan dosen terhadap kemenarikan dan kelayakan materi belum sampai pada tahapan penggunaan modul pembelajaran untuk itu perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk dalam pembelajaran sebenarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62360

Actions (login required)

View Item View Item