Peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan bulat melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 1 Gilang Kabupaten Tulungagung / Dian Retno Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan bulat melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 1 Gilang Kabupaten Tulungagung / Dian Retno Anggraini

Anggraini, Dian Retno (2016) Peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan bulat melalui model Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 1 Gilang Kabupaten Tulungagung / Dian Retno Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Dian Retno. 2016 . Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Bulat Melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gilang Kabupaten Tulungagung.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd . Kata Kunci peningkatan hasil belajar model teams games tournament Peningkatan hasil belajar siswa meteri bilangan bulat adalah suatu perubahan untuk menjadi lebih baik setelah siswa mendapatkan pengalaman belajarnya. Namun masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika meteri bilangan bulat di kelas IV SDN 1 Gilang kabupaten Tulungagung adalah (1) guru masih menggunakan model konvensional sehingga dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh guru (2) proses pembelajaran masih secara individual tidak ada interaksi antara siswa dengan guru guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dan (3) hasil belajar siswa masih rendah. Sehingga diperlukan model yang dapat membuat siswa aktif percaya diri dan bertanggung jawab. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model teams games tournament. Model teams games tournament merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan siswa aktif percaya diri dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari segi kognitif afektif dan psikomotor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menampilkan segala sesuatu yang terjadi secara alamiah dan apa adanya tanpa manipulasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini pada aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai 80% dan pertemuan 2 mencapai 85% sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mendapat persentase keberhasilan 89% dan pada pertemuan 2 mendapat persentase 100%. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapat persentase 57% dan pertemuan 2 mendapat persentase 66%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mendapat persentase 74% dan pertemuan 2 mendapat persentase 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapat persentase ketuntasan klasikal sebesar 24% dan pada pertemuan 2 mendapat ketuntasan klasikan sebesar 40%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mendapat ketuntasan klasikal sebesar 76% dan pada pertemuan 100 sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitaian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penerapan model teams games tournament juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Oleh karena itu sebaiknya guru dapat memilih model pembelajaran yang lebih variatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item