Lestari, Dwi Pudi (2016) Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis outdor study terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Dwi Pudi Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestari DwiPudi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Outdoor Study terhadap Hasil Belajar GeografiSiswa SMA. Tesis Jurusan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P (II)Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata Kunci Project Based Leaning Outdoor Study Hasil belajar Proses pembelajaran berkaitan dengan interaksi siswa dan guru. Guru sebagai komponen pembelajaran bebas menentukan model dan metode yang akan diterapkan di kelas. Model dan metode yang berkembang saat ini adalah Project Based Learning berbasis Outdoor Study yang akanmembantu siswa aktif di luar dan di dalam kelas. Di luar kelas siswa melakukan observasi lapangan dan di dalam kelas guru mengajak siswa untuk menyampaikan hasil observasi dengan diskusi kelompok dan presentasi.Kegiatan ini akan membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman (hasil belajar) dalam mata pelajaran khususnya geografi.Pembelajaran di SMANegeri 1 Gayam menggunakan metode ceramah penugasan diskusi tanya jawab tetapi siswa jarang mendapatkan pembelajaran diluar kelas. Dengan menggunakan model dan metode ini diharapkan berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi yang dipelajari dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuipengaruh Project Based Learning berbasis Outdoor Studyterhadap hasilbelajarsiswapadamatapelajarangeografikelas XI di SMA Negeri 1 Gayam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian soal tes terdiri dari 5 butir soal esai (Pretest dan Posttest). Soal sebelumnya divalidasi terlebih dahulu kemudian hasilnya dianalisis. Berdasarkanhasilpenelitian pembelajaran menggunakan Project Based Learning berbasis Outdoor Studyberpengaruh terhadaphasil belajar siswa.Dilihat dari hasil pretestsiswa kelas kontrol adalah 57 33 sedangkan hasil posttest 77 5. Hasil pretestsiswa kelas eksperimen adalah 54 16 dan posttest adalah 76.Gain score kelas eksperimen sebesar 21 83 sedangkan kelas kontrol 20 16. Dari hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 16.0 for windows menunjukkan nilai signifikansi 0 000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga pembelajaran menggunakan model Project based Learning berbasis Outdoor Study berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Pembelajaran ini membuat siswa tertarik melakukan kegiatan lapangan (observasi). Siswa lebih terampil dan tekun dalam mengerjakan tugas. Siswa merasa tertantang untuk menyelesaikan masalah. Kelemahan pembelajaran ini menuntut siswa bekerja berkelompok siswa tidak fokus pada tujuan pembelajarandan membutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaian proyek. Saran untuk kelemahan pembelajaran ini siswa disuruh duduk dengan kelompoknya masing-masing agar kerja kelompok berjalan baik. Membuat jadwal penelitian (observasi) ketika di luar kelas agar siswa dapat dikondisikan. Guru/ peneliti dapat menambahkan jumlah pertemuan ketika menggunakan model Project Based Learning berbasis Outdoor Study agar tugas proyek maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62358 |
Actions (login required)
View Item |