Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA / Nila Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA / Nila Puspita Sari

Sari, Nila Puspita (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa SMA / Nila Puspita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Nila Puspita. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (II) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Numbered Heads Together (NHT) keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis. Solusi ideal yang dijadikan sebagai pemecahan masalah dalam mengembangkan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa yakni dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan langkah-langkah keduanya. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menuntut siswa menggunakan kemampuan inkuiri yang mampu lebih percaya pada kemampuan sendiri untuk berpikir mencari informasi dari sumber lain tentang banyak hal atau masalah dan berusaha mencari penyelesaiannya. Sedangkan inti dari pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yaitu dapat mengetahui kemampuan secara individual melalui pertanyaan yang ditujukan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai berjumlah 8 soal tes essay untuk metakognitif dan berpikir kritis yang terdiri dari 4 soal pretest dan 4 soal posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (Independent Samples t-Test) dengan bantuan SPSS 18.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi keterampilan metakognitif 0 016 0 05 dengan nilai rata-rata Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 17 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 12 maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan metakognitif pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA. Sedangkan untuk nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis diperoleh 0 001

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62356

Actions (login required)

View Item View Item