Puspitasari, Eka (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis critical thinking pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan / Eka Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Eka. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Critical Thinking pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Dr. Ach Amirudin M.Pd. Kata Kunci bahan ajar critical thinking lingkungan hidup Bahan ajar memegang peranan penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran dalam membantu siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap penggunaan bahan ajar khususnya di SMAN 1 SMAN 2 dan SMAN 3 Lumajang menunjukkan bahwa buku yang paling banyak digunakan adalah buku Erlangga. Analisis awal terhadap buku masih terdapat beberapa bagian bahan ajar yang belum sesuai dengan Kompetensi Dasar. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Salah satu komponen dalam Kurikulum 2013 adalah mengembangkan kreativitas rasa ingin tahu kemampuan merumuskan pertanyaan untuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat (Permendikbud 2013). Berpikir kritis dapat diperoleh melalui bahan ajar yang mencakup generalisasi konsep fakta fenomena dan contoh permasalahan terbaru di lingkungan sekitar siswa. Di dalam bahan ajar perlu disertakan pula pertanyaan-pertanyaan pada ranah C4-C6 menurut Taksonomi Bloom agar kemampuan critical thinking siswa dapat tercapai. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Geografi berbasis critical thinking pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Pengembangan produk bahan ajar berbasis critical thinking yang dikembangkan merujuk pada Educational of National Geography. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model Borg Gall. Prosedur penelitian yang terdiri dari sepuluh tahapan dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Tahapan uji coba produk hanya dilakukan satu kali dan produk tidak disebarluaskan untuk semua sekolah di Kabupaten Lumajang. Produk bahan ajar divalidasi oleh ahli materi desain pembelajaran bahasa dan guru. Selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil sebanyak 10 siswa. Data hasil validasi ahli dan uji coba berupa penilaian saran dan tanggapan digunakan sebagai dasar dalam merevisi produk. Hasil uji coba produk berupa bahan ajar berbasis critical thinking menunjukkan bahwa layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Beberapa saran pemanfaatan yang ditawarkan yaitu pertama bahan ajar dapat mempermudah siswa dalam memahami materi. Kedua bahan ajar yang bersifat kontekstual ditambah dengan artikel serta soal evaluasi akan menumbuhkan kemampuan critical thinking sesuai dengan tujuan pada Kurikulum 2013. Ketiga bahan ajar bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu guru dalam menumbuhkan kemampuan critical thinking siswa. Selanjutnya saran pengembangan lebih lanjut yaitu diperlukan penelitian untuk menghasilkan bahan ajar dengan kajian materi yang lebih lengkap dan luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62354 |
Actions (login required)
View Item |