Inernalisasi nilai-nilai budaya lokal upacara Rambu Solo' dalam perspektif etnografi sebagai suplemen bahan ajar geografi budaya / Fuad Guntara - Repositori Universitas Negeri Malang

Inernalisasi nilai-nilai budaya lokal upacara Rambu Solo' dalam perspektif etnografi sebagai suplemen bahan ajar geografi budaya / Fuad Guntara

Guntara, Fuad (2016) Inernalisasi nilai-nilai budaya lokal upacara Rambu Solo' dalam perspektif etnografi sebagai suplemen bahan ajar geografi budaya / Fuad Guntara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Guntara Fuad. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Upacara Rambu Solo dalam Prespektif Etnografi Sebagai Suplemen Bahan Ajar Geografi Budaya. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd MP (2) Dr. I Nyoman Ruja SU. Abstrak Upacara rambu solo sebagai upacara adat mengandung aspek religus dan sosial. Geografi Budaya dapat dijadikan perangkat untuk menginternalisasikan aspek tersebut melalui suplemen bahan ajar. Hal ini diharapkan mampu membentuk peserta didik yang berkarakter. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1). proses upacara rambu solo (2). makna upacara rambu solo bagi masyarakat suku Toraja (3) bentuk suplemen bahan ajar geografi budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yang dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara. Informan pada penilitian ini yaitu tokoh adat upacara rambu solo tokoh formal/pemerintah setempat dan masyarakat pelaku upacara rambu solo . Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakana teknik analisis induktif. Hasil penelitian adalah (1). prosesi upacara rambu solo secara umum yaitu (a).kebaktian (b).penerimaan tamu (c).pemotongan kerbau (d).pemakaman. (2). makna yang terkandung dalam upacara rambu solo yaitu (a).kekeluargaan (b).religius (c).tanggung jawab (d).ekonomi (e).cinta dan kasih (f). toleransi (g). kegotongroyongan dan tolong menolong (h).hiburan. Nilai-nilai karakter dapat diinternalisasikan dalam pembelajaran melalui pengintegrasian rambu solo ke dalam suplemen bahan ajar geografi budaya. Kata kunci rambu solo geografi budaya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62350

Actions (login required)

View Item View Item