Pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa SMA / Sri Ira Suharwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa SMA / Sri Ira Suharwati

Suharwati, Sri Ira (2016) Pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa SMA / Sri Ira Suharwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suharwati Sri Ira. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Jurusan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata kunci Resource Based Learning (RBL) Minat Hasil Belajar Geografi Resource Based Learning merupakan bagian dari model pembelajaran konstruktikvistik yang membebaskan siswa menyusun dan menemukan sendiri sumber belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Pembelajaran ini juga mengajak siswa untuk belajar berdasarkan pada pengalaman nyata (Contextual Learning) yang dapat diterapkan secara bersama-sama dengan siswa baik di luar maupun di dalam kelas. Penerapan model Resource Based Learning mendorong terciptanya pembelajaran yang menarik menyenangkan dan fleksibel sehingga dapat membangkitkan keaktifan kreatifitas dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap minat belajar (2) pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi-eksperiment) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI- IPS 1 sebagai kelas kontrol. Penentuan subjek penelitian tersebut diambil berdasarkan atas nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran geografi yang hampir sama. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari soal Pretest dan Posttest dan lembar angket minat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan angket . Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan model Resources Based Learning terhadap minat belajar siswa dengan nilai sig 0 007 0 05. Rata-rata minat kelas eksperimen adalah 16 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 10 (2) ada pengaruh yang signifikan model Resources Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig hasil uji t adalah 0 032

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62345

Actions (login required)

View Item View Item