Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA / Andri Estining Sejati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA / Andri Estining Sejati

Sejati, Andri Estining (2016) Pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA / Andri Estining Sejati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sejati Andri Estining. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata kunci outdoor study karya ilmiah Kemampuan menulis karya ilmiah perlu dikembangkan oleh siswa. Siswa yang memiliki kemampuan menulis karya ilmiah tinggi bermanfaat sebagai referensi mengerjakan tugas dan prestasi tambahan dalam memasuki SNMPTN. Outdoor study merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa. Salah satu bentuk outdoor study yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi) dan wawancara lapangan untuk mengambil data pelestarian serta kerusakan lingkungan bukit karst. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran outdoor study (pengamatan dan wawancara lapang) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa pedoman penilaian yang bersumber dari pedoman penulisan karya ilmiah SMA/MA lustrum XII UM tahun 2014 dan pedoman PKM tahun 2014 yang dimodifikasi. Teknik penilaiannya menggunakan skor rubrik. Data yang diperoleh berupa skor karya ilmiah awal dan akhir. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji-t sebesar 0 000 ( 0 05). Hal itu berarti ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran outdoor study (pengamatan dan wawancara lapang) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi SMA. Kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Bagian menulis karya ilmiah meliputi kemampuan umum judul pendahuluan kajian pustaka metode hasil dan pembahasan penutup serta daftar pustaka. Empat bagian yang mengalami peningkatan terbesar kemampuan siswa kelas eksperimen yaitu pendahuluan kajian pustaka metode serta hasil dan pembahasan. Bagian-bagian tersebut mengalami peningkatan akibat menggunakan metode outdoor study yang di dalamnya terdapat kegiatan pengamatan (observasi) dan wawancara. Kegiatan tersebut membuat siswa mendapatkan fakta dan data yang dikomunikasikan dalam bagian pendahuluan kajian pustaka serta hasil dan pembahasan. Bagian metode mengalami kenaikan kedua karena siswa mempraktekkan apa yang didesain. Saran yang dapat disampaikan terkait dengan penelitian ini ada dua. Pertama bagi guru apabila menggunakan metode outdoor study sebagai alternatif untuk melatih kemampuan menulis karya ilmiah siswa disarankan menyiapkan pedoman wawancara yang dikembangkan berdasarkan permasalahan di lokasi yang akan dikunjungi sebagai mengontrol aktivitas siswa saat di lapangan. Kedua apabila guru menggunakan metode ini disarankan membagi siswa menjadi kelompok kecil (tiga sampai empat anggota) untuk mempermudah pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62342

Actions (login required)

View Item View Item