Pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Tri Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Tri Agustin

Tri. Agustin (2016) Pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Tri Agustin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Tri. 2015. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi PPS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph.D Kata kunci guided discovery learning hasil belajar Guided discovery learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk dapat mengungkapkan informasi fakta konsep prinsip dan teori melalui temuannya sendiri. Model guided discovery learning sesuai dengan esensi teori perkembangan kognitif yang mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman belajar. Dalam prosesnya siswa belajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir mulai dari orientasi masalah sampai pada merumuskan kesimpulan dari hasil penyelidikan dengan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar geografi SMA pada materi pedosfer. Rancangan dalam penelitian ini berupa quasi experiment (eksperimen semu) dengan mengkaji dua variabel yaitu model guided discovery learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X - IPS SMA Negeri 8 Malang semester genap tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes esai. Selanjutnya hasil pengukuran dianalisis menggunakan t-tes dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA pada materi pedosfer. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model guided discovery learning lebih tinggi dibanding metode pembelajaran ceramah dan penugasan. Berdasarkan selisih nilai post test dan pre test pada kelas eksperimen diperoleh gainscore yang lebih tinggi sebesar 39 33 dari pada kelas kontrol sebesar 33 90. Sedangkan dari analisis data dengan t-test menunjukkan bahwa nilai p-value 0 05. Adanya pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa tidak lepas dari keunggulan model guided discovery learning yaitu melatih siswa untuk melakukan kegiatan penyelidikan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan secara komprehensif dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menemukan gagasan-gagasan baru dari hasil temuan mereka. Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan kepada guru untuk mengorganisasi waktu dengan baik serta menjelaskan secara rinci setiap langkah model guided discovery learning agar siswa tidak mengalami kesulitan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62340

Actions (login required)

View Item View Item