Peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melalui model induktif kata bergambar di kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang / Ervia Roisatal Amaliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melalui model induktif kata bergambar di kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang / Ervia Roisatal Amaliah

Amaliah, Ervia Roisatal (2016) Peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman melalui model induktif kata bergambar di kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang / Ervia Roisatal Amaliah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roisatal Amaliah Ervia. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pengalaman melalui Model Induktif Kata Bergambar di Kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata Kunci menulis cerita pengalaman model induktif kata bergambar Dasar penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SDN Tlogowaru 1 Malang. Hasil observasi menunjukkan bahwa selama mengikuti pembelajaran di kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang ditemukan kendala yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan menulis cerita pengalaman siswa antara lain siswa merasa sulit menuangkan idenya dalam bentuk tulisan minimnya kosakata yang dimiliki siswa jalan cerita tidak jelas penggunaan huruf besar yang kurang tepat tulisan kurang mempertimbangkan tanda baca serta masih banyak penggunaan kata tidak baku dan bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model induktif kata bergambar pada pembelajaran menulis cerita pengalaman (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilanmenulis cerita pengalaman siswa kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang melalui model induktif kata bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakandalam dua siklus dengan tahapan (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan observasi (3) refleksi dan (4) perbaikan rencana. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi guru (2) lembar observasi siswa dan (3) lembar penilaian siswa. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model induktif kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pengalaman siswa kelas IV SDN Tlogowaru 1 Malang. Hasil keterampilan menulis siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat karena pembelajaran telah dilaksanakan telah dilaksanakan urut sesuai dengan langkah-langkah model induktif kata bergambar. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pra tindakan dan setelah tindakan yaitu pra tindakan dengan rata-rata 65 pada siklus 1 meningkat menjadi 75 16 dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 80 01. Secara klasikal pada pra tindakan ketuntasan belajar hanya mencapai 21%. Sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 64%. Begitu juga pada siklus 2 ketuntasan meningkat mencapai 84%. Disarankan bagi guru untuk melakukan pembelajaran menulis cerita pengalaman melalui model induktif kata bergambar sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran menulis cerita di sekolah. Bagi sekolah hendaknya menyediakan fasilitas yang lengkap serta motivasi pada guru agar meningkatkan aktivitas pembelajarannya. Disarankan juga bagi peneliti lanjutan untuk dapat dijadikan sumber kajian penelitian berikutnya dengan judul yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item