Pengembangan bahan ajar geografi pada nateri penelitian geografi melalui e-learning / Lilis Hargiani Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi pada nateri penelitian geografi melalui e-learning / Lilis Hargiani Adi

Adi, Lilis Hargiani (2016) Pengembangan bahan ajar geografi pada nateri penelitian geografi melalui e-learning / Lilis Hargiani Adi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi Lilis Hargiani. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi pada Materi Penelitian Geografi melalui E-Learning. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar geografi e-learning. Penelitian geografi merupakan materi yang baru diterapkan dalam pelajaran geografi. Pada saat pembelajaran ditemukan beberapa masalah masalah-masalah tersebut adalah (1) bahan ajar belum memadai dan (2) keterbatasan waktu yang tersedia. Kedua komponen tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Permasalahan-permasalahan yang tersebut perlu segera mendapat perhatian dan pemecahan. Masalah-masalah penting yang perlu ditangani adalah pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mewujudkan bahan ajar berupa e-learning yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2013 SMAN 1 Kebomas Gresik. Bahan ajar berupa e-learning ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan peserta didik khususnya untuk materi penelitian geografi Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah Model Dick and Carey. Produk pengembangan materi penelitian geografi selanjutnya mengalami beberapa tahapan uji coba untuk mendapatkan data-data sebagai bahan penyempurnaan produk pengembangan. Tahapan-tahapan uji coba yang dilakukan adalah (1) validasi oleh ahli materi (2) validasi ahli desain dan media pembelajaran (3) uji coba kelompok kecil dan (4) uji coba lapangan. Bahan ajar berupa e-learning yang dihasilkan dalam pengembangan memiliki komponen-komponen (1) judul atau topik (2) petunjuk penggunaan e-learning (3) pengantar atau prakata (4) kompetensi inti/kompetensi dasar (5) tujuan kegiatan pembelajaran (6) pretes (cek kemampuan) (7) kegiatan pembelajaran (materi) (8) rangkuman (9) soal latihan/tugas (10) tes formatif (11) kunci jawaban dan (12) daftar rujukan. Setelah melalui uji coba menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam mata pelajaran penelitian geografi. Hal ini diperkuat dengan hasil penilaian angket berdasarkan uji coba lapangan berada di atas kriteria yang ditetapkan yakni di atas 71% sehingga layak digunakan. Berdasarkan temuan penelitian beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pengembangan e-learning adalah kajian-kajian pada pemanfaatannya sebagai komplemen pembelajaran. Kajian tersebut meliputi evaluasi dalam hal (1) karakteristik mahasiswa sampai sejauhmana kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berbasis e-learning (2) kesiapan guru pengampu dan pengelola web (admin) (3)ketersediaan perangkat penunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62338

Actions (login required)

View Item View Item