Pengembangan media gambar materi pelestarian lingkungan hidup untuk SMA/MA kelas XI / Farkhatul Layli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media gambar materi pelestarian lingkungan hidup untuk SMA/MA kelas XI / Farkhatul Layli

Layli, Farkhatul (2016) Pengembangan media gambar materi pelestarian lingkungan hidup untuk SMA/MA kelas XI / Farkhatul Layli. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Layli Farkhatul. 2015. Pengembangan Media Gambar Materi Pelestarian Lingkungan Hidup untuk SMA/MA kelas XI. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Achmad Amirudin M.Pd. (II) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. Kata kunci pengembangan media gambar pelestarian lingkungan hidup Pelestarian lingkungan hidup merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa SMA/MA kelas XI. Materi tersebut memuat konsep-konsep abstrak dan konkrit yang akan lebih mudah dipahami oleh siswa jika menggunakan media gambar. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti materi pelestarian lingkungan hidup memerlukan media gambar. Media gambar belum banyak digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Media gambar berfungsi sebagai alat bantu atau perantara untuk mempermudah penyampaian pesan sehingga siswa dapat memahami materi dengan mudah. Kelebihan media gambar dalam pembelajaran yaitu siswa mengingat materi lebih banyak dan dalam jangka waktu lama menarik perhatian menghubungkan siswa dengan dunia nyata tanpa harus mengunjungi lokasi sebenarnya dan mampu mengatasi kesalahan konsep. Tujuan utama penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa media gambar pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas XI Materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Produk media gambar dikembangkan dengan mengadaptasi model Borg dan Gall menjadi delapan tahap yaitu (1) studi pendahuluan (2) rencana desain pengembangan produk (3) pengembangan produk awal (4) validasi oleh ahli materi dan media (5) revisi produk utama (6) uji coba produk di lapangan (7) revisi dan (8) diseminasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa dari aspek materi termasuk kategori baik dan aspek media cukup baik . Berdasarkan hasil validasi tersebut produk ini layak untuk diuji coba setelah melakukan beberapa revisi. Hasil uji coba di lapangan menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk secara keseluruhan mencapai 87 59% (baik) dan tidak perlu dilakukan revisi. Persentase berdasarkan masing-masing aspek yaitu gambar (87 45%) bahasa (87 24%) materi (87 59%) desain (88 05%). Nilai persentase tersebut termasuk dalam kategori baik sehingga media gambar yang telah dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar. Produk ini hanya berisi teks dan gambar selain itu uji coba yang dilakukan hanya sebatas untuk mengetahui kelayakan produk. Beberapa saran yang dikemukakan untuk pengembangan dan penelitian lebih lanjut yang meliputi (1) mengembangkan media dengan aplikasi lain yang mendukung tampilan full screen audio dan animasi yang lebih baik dan (2) melakukan penelitian eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62337

Actions (login required)

View Item View Item