Sholikhah, Wakhidatus (2016) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap pemahaman materi atmosfer pada siswa SMA / Wakhidatus Sholikhah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholikhah Wakhidatus. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadapPemahamanMateriAtmosferpadaSiswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. SugengUtaya M.Si (II) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci model pembelajaran Learning Cycle 7E pemahamansiswa Model pembelajaranLearning cycle7E dikembangkanberdasarkanpadalearning cycle yang sebelumnyayaknilearning cycle 5E.Terdapattujuhtahapdalam model ini yaitu elicit engage explore explain elaborate evaluate danextend. Kelebihandari model iniantara lain yaitu (1) merangsangsiswauntukmemunculkanpemahamanawal (2) memberikanmotivasikepadasiswauntuklebihaktifsertamenambah rasa ingintahu (3) melatihsiswabelajarmenemukankonsep (4) melatihsiswamengkomunikasikankonsep yangyangtelahdipelajari dan (5) memberikankesempatankepadasiswauntukberpikir mencari menemukan danmenjelaskancontohpenerapankonsep yang di pelajari. Penelitianinibertujuanmengujipengaruh model pembelajaranLearning Cycle 7E terhadappemahamanmateriatmosferpadasiswaSMA.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesamben semester genap tahun ajaran 2014/2015. KelasX IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas dipilih berdasarkan nilai UAS semester 1. Instrumen penilaian kemampuan pemahaman dengan menggunakan tes esai.Datapenelitianberupa gain score yang merupakan selisih nilai postes danpretesdianalisis menggunakan ujiindependent samplet-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanantaratingkatpemahamansiswakelaseksperimendankontrol. Hal inidapatdilihatdarirata-rata gain scorekelaseksperimenyang lebihtinggidibandingkankelaskontrol yaknisecaraberurutan39 26dan 14 4. Pengaruhpositif yang signifikandari model learning cycle 7E padapenelitianinijugadapatdilihatdarihasilujigain scoremenggunakanindependent sample t testdengantarafkepercayaan 95% yang menunjukkanbahwanilaisignifikansiyakni 0 00 kurangdari 0 005 (0 00
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62336 |
Actions (login required)
View Item |