Pengembangan modul suplemen bahan ajar geomorfologi umum model Depdiknas untuk S1 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Agung Suprianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul suplemen bahan ajar geomorfologi umum model Depdiknas untuk S1 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Agung Suprianto

Suprianto, Agung (2016) Pengembangan modul suplemen bahan ajar geomorfologi umum model Depdiknas untuk S1 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang / Agung Suprianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprianto Agung. 2015. PengembanganModulSuplemenBahan Ajar GeomorfologiUmum Model Depdiknasuntuk S1 JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. SugengUtaya M.Si. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Modul Geomorfologi Karst Model Depdiknas Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ModulGeomorfologi KarstModelDepdiknas. Modul terdiri dari dua set Modul 1 tentang GeomorfologidanBentukLahanAsalSolusionaldanModul 2 tentang Topografi Karst. Pengembangan modul berdasarkan keterbatasan bahan ajar yang kontekstualdanberbahasa Indonesia. Moduljugadikembangkandenganmenggunakanpendekatangeografi yaitukewilayahan kelingkungan dankeruangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan proseduralDickand Carey. Model tersebut dimodifikasi berdasarkan kebutuhan pengembangan sehingga langkah-langkah pengembangannya 1) analisiskebutuhan 2) analisismateri 3) penulisanbahan ajar 4) validasiahlidanujicoba dan 5) revisi.Uji coba dilakukan setelah modul divalidasi oleh ahli materi/isi tentang Geomorfologi Karst Bahasa Indonesia dan RancanganPembelajaranGeografi. Uji coba modul terdiri dari uji coba kelompok kecil dan besar di S1 JurusanGeografiFIS UM. Jumlah subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 8 mahasiswa sedangkan kelompok besar 16mahasiswa. Data uji coba dianalisis menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Berdasarkan data darisemuaresponden yaituvalidasi ahli dosen dan subjek uji coba modul mendapatkannilaikuantitatif85 % yang berartikualifikasibaik. Selainitu keefisienanmoduljuganampakdaritingkatpemahamanmahasiswaterhadapmoduldengankualifikasibaik. Moduldalamkualifikasibaikdantidakperludirevsi penelititetapmelakukanrevisigunapenyempurnaanproduk. Revisidilakukansebanyaktiga kali. Perbaikan pada revisi pertama meliputi isi materi kosa kata kalimat paragraf desain sampul danpenjabaranstandarisi. Perbaikan pada revisi kedua meliputi kosa kata gambar di dalamisimodul danpenyederhanaankuncijawaban. Perbaikan ketiga meliputi penambahangambarkontekstualdanpembuatanpoin-poinpadakuncijawaban.Produk perlu dikembangkan menjadi modul onlinedan dieksperimenkan untuk mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62332

Actions (login required)

View Item View Item