Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam kelas XI IIS di SMA Islam Diponegoro Wagir / Siska Maulidhin Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam kelas XI IIS di SMA Islam Diponegoro Wagir / Siska Maulidhin Hidayah

Hidayah, Siska Maulidhin (2015) Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar geografi siswa pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam kelas XI IIS di SMA Islam Diponegoro Wagir / Siska Maulidhin Hidayah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah M.S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Geografi Siswa Pada Materi Kearifan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kelas XI IIS SMA Islam Diponegoro Wagir. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M. Pd . M.P (II) Drs. I Komang Astina M. S Ph. D Kata kunci Model pembelajaran Group Investigation Keaktifan belajar. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation di SMA Islam Diponegoro Wagir ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keaktifan belajar siswa dikelas. Rendahnya keaktifan belajar siswa diketahui dalam pembelajaran di kelas 41% (18 dari 24 siswa) siswa ramai pada saat diskusi kelompok 33% (14 dari 24 siswa) siswa kurang bertanya karena tidak memahami konsep pembelajaran geografi yang diberikan oleh guru 25% (10 dari 24 siswa) siswa tidak menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan 30% (13 dari 24 siswa) siswa kurang bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keaktifan belajar siswa di SMA Islam Diponegoro Wagir dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas XI IIS SMA Islam Diponegoro Wagir. Data penelitian diperoleh melalui lembar pengamatan keaktifan belajar siswa lembar catatan lapangan dan lembar keterlaksanaan tindakan guru dalam model pembelajaran Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra Siklus ke siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Keaktifan belajar siswa Pra Siklus sebesar 32% pada kategori cukup. Pada siklus I keaktifan belajar siswa menjadi 67% (mengalami kenaikan sebesar 35%) dan setelah siklus II keaktifan belajar siswa menjadi 83% (mengalami kenaikan sebesar 16%) termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Bagi guru Geografi maupun peneliti berikutnya disarankan menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk 1) Membangkitkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan memberi motivasi untuk bertanya dan membelajarkan siswa untuk menjadi seorang peneliti melalui penyelidikan langsung dilapangan 2 ) Menjelaskan sintaks Group Investigation secara rinci dan berurutan agar mudah dipahami siswa 3) Melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat bertanya dan memberi tanggapan pada saat diskusi maupun proses pembelajaran 4) Pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation hendaknya menyesuaikan materi dengan daerah yang akan diinvestigasi untuk menyajikan masalah secara kontekstual dan menarik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62331

Actions (login required)

View Item View Item