Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi pada siswa SMA / Lalu Nanang Malik Setiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi pada siswa SMA / Lalu Nanang Malik Setiadi

Setiadi, Lalu Nanang Malik (2015) Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi pada siswa SMA / Lalu Nanang Malik Setiadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiadi Lalu Nanang Malik. 2015. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa SMA. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Fatchan M.Pd. M.P. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata kunci model pembelajaran PBL berpikir kritis hasil belajar PBL merupakan model pembelajaran fokus pada permasalahan yang diberikan ke siswa. Masalah yang dimasukkan dalam pembelajaran akan dapat memicu siswa untuk berpikir memecahkan dan memberikan solusi terhadap permasalahan. Sesuai dengan tujuan dari PBL yakni untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis memecahkan masalah dan keterampilan intelektual. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAN 1 Suela dengan memberikan permasalahan nyata yang terjadi di sekitar daerah siswa pada materi Kerusakan Sumber Daya Alam . Metode Penelitian ini dirancang dengan menggunakan eksperimental semu (Quasi Experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Semester 2 SMAN 1 Suela tahun ajaran 2014/2015 untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing terdiri dari 32 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dipilih berdasarkan hasil nilai ujian ahir semester yang memiliki nilai rata-rata hampir sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran PBL terhadap berpikir kritis (f 0 034

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62330

Actions (login required)

View Item View Item