Mashari (2015) Penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar pada materi lingkungan hidup siswa kelas XI-IIS SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu / Mashari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mashari. 2015. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada materi Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI-IIS SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Achmad Fatchan M.Pd M.P. (2) Dr. Budijanto M.Sos. Keywords Learning Cycle 5E Hasil Belajar Hasil observasi di kelas IX-IIS SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu pada pelajaran Geografi diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai skor ketuntasan minimum 70 masih rendah (20%). Berdasarkan identifikasi dan analisis terhadap penyebab rendahnya hasil belajar ditemukan (1) pembelajaran Geografi masih belum memanfaatkan kemampuan yang dimiliki siswa (2) siswa belum mendapatkan pembelajaran yang memaksimalkan potensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas XI-IIS SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi Lingkungan Hidup. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Waktu pada masing-masing siklus 4 x 45 menit. Data diperoleh melalui observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran model Learning Cycle 5E aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan tabel persentase dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena model tersebut melibatkan siswa berperan aktif selama proses pembelajaran (2) penerapan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan sebesar 67 10 meningkat pada Siklus I menjadi 70 00 dengan gain score 2 90 atau meningkat sebesar 4 32%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 70 00 meningkat pada Siklus II mencapai 75 30 dengan gain score 5 30 atau meningkat sebesar 7 57%. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) model Learning Cycle 5E dapat direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru pada mata pelajaran geografi (2) sebelum menggunakan pembelajaran model Learning Cycle 5E guru hendaknya memperhatikan seluruh sintak pembelajaran kesesuaian materi (3) pihak sekolah hendaknya memberikan motivasi kepada guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif dan sesuai kondisi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |