Mongko, Maria Floriani (2015) Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar geografi siswa SMAK Santa Maria Malang / Maria Floriani Mongko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mongko Maria Floriani. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadapHasilBelajarGeografiSiswaSekolahMenengahAtasKatolik (SMAK) Santa Maria Malang.Tesis. Program StudiPendidikanGeografi Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. M.P. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci Reciprocal Teaching EksperimenSemu HasilBelajarGeografi Model pembelajaranReciprocal Teaching lebihmenekankanpada proses. Melaluikegiatanmembacauntukmembangunpemahamansiswaterhadapmaknatekskarenaempatkomponenutamadari model inidirancanguntukmengarahkansiswamemahamibacaan.Penggunaan model pembelajaranReciprocal Teaching memberikanmanfaat agar siswaberinteraksibaikdengan guru maupunantartemanuntukmendiskusikandanmengklarifikasipemahamansehinggasiswamampumemonitor mengaturdanmengevaluasi proses belajarnyasendiri (self regulation). Dengandemikiandapatmenumbuhkan rasa tanggungjawabsiswasertamampubelajarsecaramandiri. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisispengaruh model pembelajaranReciprocal Teaching terhadaphasilbelajargeografisiswa SMAK St. Maria Malang padamateridinamikadanmasalahkependudukan di Indonesia.Penelitiandirancangdengansuatupenelitianeksperimensemu.MelibatkanduakelompokpenelitianyaknikontroldaneksperimendengandesainNonequivalent Control Group Desain menggunakanPretest danPostestuntukmengukurhasilbelajar.Subyekpenelitiansiswakelas XI IIS SMAK St. Maria Malang kelas XI IIS4 sebagaikelaseksperimendankelas XI IIS2sebagaikelaskontrol. Analisisdata menggunakananalisisuji-t denganbantuan program SPSS 15.0 for windowsevaluation version. Berdasarkanhasilanalisis data denganmenggunakanuji-t menunjukkanbahwanilaiprobabilitas 0.024atau p 0 05. Artinya H0 ditolakdan H1diterima.Rata-rata perolehangain scoreuntukkelaseksperimen18.2 lebihbesardarikelaskontrol15.5.Dapatdiambilkesimpulanbahwa model pembelajaranReciprocal Teachingmemberikanpengaruh yang signifikanterhadaphasilbelajarsiswaSMAK St. Maria Malang.Berdasarkankesimpulan yang telahdiuraikan maka saran yang dapatdiajukanadalah (1) model pembelajaranReciprocal Teaching dapatmembantusiswameningkatkanhasilbelajar. Harapan agar guru menerapkan model inidalampembelajaran (2) model Reciprocal Teaching inisangatcocokdigunakanuntuksetiappokokbahasan yang mengandungsubstansimateridenganbacaan yang banyakkarenadenganempatkegiatanpokok yang terkandungdalam model iniakansangatmembantusiswamemahamimateridenganbaikdandapatmengatasikejenuhansiswasaatmembaca (3) model Reciprocal Teaching inidapatditelitipadavariabel-variabel lain sehinggamengetahuikelemahan-kelemahansiswasaatbelajar yang menyebabkanrendahnyaprestasiatauhasilbelajarsiswa (4) model Reciprocal Teaching inimemilikikelemahanpadapenggunaanwaktu. Harapandalammenggunakan model ini agar dirancangsecarakhususdenganpenggunaanwaktu yang relatif lama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |