Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Prambon Nganjuk / Yeni Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Prambon Nganjuk / Yeni Nur

Nikmatin, Yeni Nur (2015) Penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Prambon Nganjuk / Yeni Nur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmatin Nur Yeni. 2015. Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Prambon Nganjuk. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Edy Purwanto M. Pd (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata kunci Media Gambar Hasil Belajar Berdasarkan hasil analisis nilai tes Ulangan Harian (UH) Kompetensi Dasar (KD) litosfer kelas X7 SMAN I Prambon Nganjuk belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Siswa kesulitan dalam menjawab soal yang berkaitan dengan konsep litosfer. Dari 32 siswa sebanyak 66% belum memenuhi (KKM). Hasil identifikasi permasalahan pembelajaran berkaitan dengan rendahnya hasil belajar antara lain (1) kompetensi dasar atmosfer banyak terdapat konsep-konsep geografi yang membingungkan siswa. (2) budaya membaca masih rendah (3) buku teks hanya sedikit menampilkan media gambar dan (4) kemampuan siswa dalam menjawab soal masih pada aspek kognitif tingkat dasar (C1). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas X7 SMAN I Prambon Nganjuk. Materi atmosfer dan dampaknya bagi kehidupan di bumi dengan menggunakan media gambar. Media gambar yang digunakan adalah media gambar diam antara lain foto animasi tabel dan grafik. Penggunaan media gambar diam bertujuan untuk memudahkan siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Kerja Kelompok (LKK). Media gambar memudahkan pemahaman siswa mengenai kejadian atau obyek di lapisan atmosfer. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Masing-masing siklus meliputi kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X7 SMAN I Prambon Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Subyek penelitian sebanyak 32 anak yang terdiri dari 20 siswa putri dan 12 siswa putra. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa skor nilai UH materi litosfer (pra tindakan) setelah siklus I dan setelah siklus II. Instrumen yang digunakan adalah soal tes esai sebanyak 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X7 SMAN I Prambon Nganjuk. Rata-rata nilai pra tindakan adalah 71.4 mengalami peningkatan menjadi 74.5 pada siklus I. Rata-rata nilai siklus II mengalami peningkatan sebesar 81.7. Ketuntasan hasil belajar klasikal sebelum tindakan adalah sebesar 34% meningkat pada siklus I menjadi 72% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 97%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Selanjutnya disarankan kepada guru geografi untuk menggunakan media gambar dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62326

Actions (login required)

View Item View Item