Pengembangan buku teks geografi SMA kelas X model CBSE INDIA / Achmad Ardiansyah

Ardiansyah, Achmad (2015) Pengembangan buku teks geografi SMA kelas X model CBSE INDIA / Achmad Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Achmad. 2015. Pengembangan Buku Teks Geografi SMA Kelas X Model CBSE India. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., (II) Dr.I Nyoman Ruja, S.U Kata Kunci: pengembangan, buku teks, CBSE India, mitigasi, adaptasi bencana alam Buku teks geografi pada tingkat SMA kelas X pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam banyak dijumpai kesalahan dan kelemahan. Dari hasil kajian buku teks geografi ditemukan kesalahan konsep, kalimat, dan gambar belum berfungsi untuk mewakili penjelasan materi. Kelemahan yang mendasar dari buku teks geografi yaitu, aspek kebenaran kosakata, kalimat, data, konsep, penyajian gambar, serta ketercernaan materi masih diabaikan, tidak mencermin-kan khas kajian geografi, masih belum menantang siswa untuk berpikir kritis, masih banyak menjelaskan konsep dan fakta yang sudah tidak up-date. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks geografi SMA kelas X model Central Board of Secondary Education (CBSE) Negara India. Materi yang dikembangkan adalah mitigasi dan adaptasi bencana alam yang disesuaikan dengan kaidah keilmuan geografi dan penulisan buku teks. Model penelitian pengembangan ini mengadopsi model Borg and Gall (1983) yang secara berurutan dijabarkan sebagai berikut; studi literatur, merumuskan tujuan, merancang bentuk produk, uji lapangan terbatas, merevisi produk awal, uji coba utama, perbaikan hasil uji coba, validasi dari model produk, perbaikan akhir model atau produk, dan terakhir menyebar luaskan produk yang dikembangkan.Pada pengembangan buku teks ini dilakukan modifikasi atau adap-tasi sehingga tidak dilakukan langkah semuanya secara utuh. Modifikasi dilakukan pada langkah analisis materi, pengembangan produk, uji lapangan dan revisi produk, dan produk akhir. Produk hasil pengembangan telah divalidasi oleh ahli materi. Setelah dilakukan revisi, selanjutnya diujicobakan. Subjek uji coba, yaitu siswa kelas X IIS SMA Tunas Luhur Paiton. Uji coba untuk mengetahui tanggapan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk. Berdasarkan hasil analisis uji coba diperoleh informasi bahwa penilaian siswa terhadap buku teks geografi model CBSE India materi mitigasi dan adaptasi bencana alam adalah 80% siswa menyatakan efektif. Hasil belajar siswa melalui tes mencapai standart ketuntasan belajar, yaitu nilai rata-rata kelas 91. Hasil tersebut menunjukkan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Buku teks geografi SMA kelas X model CBSE India materi mitigasi dan adaptasi bencana alam mempunyai kekurangan pada penyajian pengaruh mitigasi dan adaptasi bencana alam belum detil, pembahasan indikator dampak terjadinya bencana belum begitu detil dijelaskan, adaptasi dan bentuk pengurangan resiko bencana alam juga belum ditampilkan detil. Disarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan memperbaiki kekurangan yang terdapat pada komponen materi. Desiminasi produk dilakukan melalui MGMP geografi dan seminar dalam skala lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62324

Actions (login required)

View Item View Item