Penerapan model think pair share untuk meningkatkan keaktifan belajar siwa pada mata pelajaran geografi di SMA Raudhatul'ulum Kapedi / Rosanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share untuk meningkatkan keaktifan belajar siwa pada mata pelajaran geografi di SMA Raudhatul'ulum Kapedi / Rosanti

Rosanti (2015) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan keaktifan belajar siwa pada mata pelajaran geografi di SMA Raudhatul'ulum Kapedi / Rosanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosanti. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Geografi kelas XI di SMA Raudhatul Ulum Kapedi. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci model pembelajaran think pair share (TPS) keaktifan belajar. SMA Raudhatul Ulum Kapedi memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Selama tiga semester mengajar di kelas XI IPS dengan menerapkan KTSP terdapat permasalahan antara lain 1) dominan menggunakan metode ceramah dan penugasan dan 2) keaktifan belajar siswa tergolong rendah. Rendahnya keaktifan belajar siswa diduga karena mereka tidak terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Siswa hanya datang duduk mendengar mencatat serta menghafal materi. Hasil observasi awal dari 24 siswa di kelas ditemukan antara lain siswa tidak 1) bertanya 75% 2) menjawab pertanyaan 79 1% 3) mampu bekerja sama menyelesaikan tugas 70 8 dan 4) mampu berargumentasi pendapat sejumlah 83 3%. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Raudhatul Ulum Kapedi pada mata pelajaran geografi dengan menerapkan model think pair share. Model think pair share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa lebih mudah dan cepat membentuk kelompok siswa menghargai pendapat orang lain belajar dari teman sekelas meningkatkan rasa percaya diri melatih siswa belajar dengan mengungkapkan konsep berdasarkan fakta dan data meningkatkan kebaikan budi kepekaan dan toleransi sistem kerjasama yang diterapkan dalam model pembelajaran think pair share menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam tim. Desain penelitian tindakan kelas model Kemis dan Taggard yang dilakukan dua siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di siswa kelas XI IPS SMA Raudhatul Ulum Kapedi Kabupaten Sumenep. Subyek penelitian sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keaktifan belajar siswa serta keterlaksanaan tindakan guru dan respon siswa dalam penerapan model think pair share. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa pra tindakan 43 3% (kurang aktif) siklus I 65 9% (aktif) siklus II 83 9% (sangat aktif). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan penerapan model think pair share dapat meningkatan keaktifan belajar siswa di SMA Raudhatul Ulum Kapedi pada mata pelajaran geografi materi pelestarian lingkungan hidup. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Guru geografi yang mengajar materi pelestarian lingkungan hidup disarankan untuk menggunakan model think pair share untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan (2) Peneliti selanjutnya diharapkan memperhatikan karakteristik siswa mata pelajaran materi dan kompetensi yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62323

Actions (login required)

View Item View Item