Konstruksi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate / Karman Zein - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate / Karman Zein

Zein, Karman (2015) Konstruksi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate / Karman Zein. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karman Zein. 2015. Konstruksi Guru Geografi dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pilot Project Kota Ternate. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana UM. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach Fatchan M.Pd (II) Dr. Ach Amirudin M.Pd Kata Kunci Konstruksi Guru Geografi Kurikulum 2013 Proses perubahan kurikulum tidak sekedar menyiapkan perangkat pembelajaran sebab guru juga salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian kurikulum. Oleh karena itu diperlukan perhatian serius terhadap penanganan pengembangan kapasitasnya. Guru merupakan komponen utama yang memegang peran strategis dalam impelementasi kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate. Kurikulum 2013 sebagai salah suatu perangkat acuan pendidikan yang dirancang untuk merespon kemajuan zaman dan tantangan globalisasi pada masa depan. Dengan demikian Maluku Utara atau Kota Ternate sebagai satu wilayah strategis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlu menyiapkan diri dalam rangka membangun pendidikan yang lebih maju. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah pilot project dan konstruksi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan konstruksi penelitian ini bertujuan untuk memahami tindakan individu-individu yang digejalakan dalam sebuah fenomena. Penelitian ini dipusatkan di SMA Negeri 1 2 dan 4 Kota Ternate Propinsi Maluku Utara. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Wakasek kurikulum atau kepala sekolah dan guru geografi. Temuan Riset ini menunjukkan bahwa Pertama proses pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate meliputi penetapan sekolah yang memiliki latar belakang sekolah rintisan unggulan serta memenuhi standar kurikulum adanya koordinasi dibangun antara instansi terkait LPMP Diknas untuk memfasilitasi kepala sekolah wakasek kurikulum dan guru untuk melakukan pelatihan dalam bentuk bimbingan teknis dan MGMP serta mempraktikan di kelas selanjutnya dimonitor untuk menentukan rencana tindak lanjut implementasi. Kedua konstruksi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah pilot project Kota Ternate disebabkan oleh latar belakang sebagai sekolah percontohan prestasi yang ingin dicapai serta memenuhi standar yang telah ditetapkan pemerintah melalui delapan standar pendidikan nasional dipengaruhi oleh (1) pemahaman terhadap keinginan mencerdaskan bangsa yang terkait dengan nilai karakter masa kini (2) peningkatan kompetensi dan penilaian hasil belajar yang lebih realistis walaupun agak rumit dalam penerapannya. Saran yang dapat diberikan dari hasil riset ini yaitu (1) pihak sekolah mengoptimal kegiatan pelatihan agar para guru dapat meningkatkan kemampuan kompetensi (2) instansi terkait untuk memfasilitasi setiap sekolah dalam kegiatan bimbingan teknis kurikulum dan tidak tergantung pada LPMP maupun Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62321

Actions (login required)

View Item View Item