Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Rejotangan Tulungagung / Emi Hanurowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Rejotangan Tulungagung / Emi Hanurowati

Hanurowati, Emi (2015) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar geografi siswa SMAN 1 Rejotangan Tulungagung / Emi Hanurowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanurowati Emi. 2015. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Drs. I Komang Astina MS. Ph.D. Kata Kunci Model Project Based Learning (PjBL) Hasil Belajar Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013 yang bertujuan mengembangkan keterampilan siswa pada ranah konkrit dan abstrak. Model ini berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini karena siswa mengalami secara langsung sehingga peduli terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL terhadap hasil belajar geografi siswa SMA pada materi pengelolaan sampah. Penelitian ini menggunakan eksperimental semu (quasi experimental design). Penelitian eksperimental semu digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel bebas dan terikat dengan cara melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol dengan pembelajaran ceramah bervariasi dengan tanya jawab dan penugasan pada kelas eksperimen dengan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen dalam penelitian ini berupa soal esay untuk Pretest-Posttest. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata 76.04 lebih tinggi 7.64 poin dibandingkan dengan kelas kontrol 68.40. Uji beda Independent Sample t-Test memperoleh nilai signifikansi 0.000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62320

Actions (login required)

View Item View Item