Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model example non example pada siswa kelas IVB SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Fitri Lidyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model example non example pada siswa kelas IVB SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Fitri Lidyawati

Lidyawati, Fitri (2016) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model example non example pada siswa kelas IVB SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Fitri Lidyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lidyawati Fitri. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Model Example Non Example pada Siswa Kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd. (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci Model example non example menulis deskripsi SDN Kedungkandang 2 Bahasa Indonesia sebagai sarana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia salah satu faktornya adalah kemampuan menulis siswa yang masih rendah.Bahasa Indonesia sering dianggap mudah padahal dalam kenyataannya keterampilan menulis siswamasih kurang terutama dalam menulis deskripsi. Diduga dengan diterapkannyamodel pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis deskripsi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model example non examplepada keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada kegiatan menulis deskripsi melalui model example non example di kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklus tindakan yang dilaksanakan terdiri atas empat tahap yakni (1) perencanaan (2) tindakan dan pengamatan (3) refleksi dan (4) revisi perencanaan 1. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) penerapan model example non example memiliki langkah-langkah sebagai berikut. (a) menyiapkan gambar suatu tempat untuk dideskripsikan (b) Menempelkan gambar tempat pada papan atau ditayangkan melalui LCD (c) siswa diberikan petunjuk dan diberi kesempatan untuk mengamati gambar tersebut (d) membentuk kelompok 4-5 orang siswa kemudian mendiskusikan dan mencatat deskripsi gambar suatu tempat di lingkungan sekitar (e) setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (e) guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai. Pada siklus I dan siklus II pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran example non example. Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran example non example berhasil di terapkan pada kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. (2)Model pembelajaran example non example pada kegiatan menulis deskripsi dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dilihat dari hasil belajar siswa kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan hasil evaluasi siswa yang selalu meningkat dari tiap tahap. Hasil ketuntasan belajar siswa dari pratindakan sebesar 5 siswa meningkat menjadi 6 siswa pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 10 siswa pada siklus I pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 17 pada siklus II pertemuan 1 dan meningkat menjadi 20 siswa dari jumlah siswa sebanyak 20 pada siklus II pertemuan 2. Penelitian ini diharapkan bagi guru untuk dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan dan meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan menulis deskripsi bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa bagi sekolah/lembaga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan bagi peneliti lain diharapkan dapat dijadikanbahan perbandingan untuk penelitian-penelitian sejenis dan bisa ditindak lanjuti sehingga pembelajaran menulis deskripsi semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item