Pengembangan bahan ajar geografi model Robert E. Gabler, et all untuk SMA/MA kelas X pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan rancangan Dick and Carey / Puspita Annaba Kamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi model Robert E. Gabler, et all untuk SMA/MA kelas X pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan rancangan Dick and Carey / Puspita Annaba Kamil

Kamil, Puspita Annaba (2015) Pengembangan bahan ajar geografi model Robert E. Gabler, et all untuk SMA/MA kelas X pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan rancangan Dick and Carey / Puspita Annaba Kamil. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamil Puspita Annaba. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi Model Robert E. Gabler et all Untuk SMA/MA Kelas X Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam dengan Rancangan Dick and Carey. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Singgih Susilo. M.S M.Si. Kata kunci pengembangan bahan ajar model Dick and Carey mitigasi dan adaptasi bencana alam Pengembangan bahan ajar geografi pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam dilatarbelakangi oleh kelemahan pada bahan ajar kurikulum 2013 yang beredar di pasaran. Buku yang telah dipublikasikan memiliki kekurangan dalam penyajiannya. Kelemahan tersebut diketahui setelah melakukan analisis terhadap buku teks geografi untuk siswa kelas X karangan Khabiburrahman dan Tri wijayanti yang digunakan di SMA Negeri 3 Malang. Beberapa kekurangannya antara lain kebenaran bahasa substansi dan penyajian gambar. Penyajian substansi materi tidak kontekstual. Siswa mengalami kesulitan dalam membangun pengetahuan mengenai kajian mitigasi dan adaptasi bencana dalam sajian kaidah ilmu geografi. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar geografi untuk SMA/MA kelas X semester II pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Pengembangan bahan ajar geografi ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Pengembangan ini terdiri dari sepuluh tahapan yang kemudian dimodifikasi menjadi 6 tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu (1) menganalisis kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator (2) menganalisis isi/materi bahan ajar (3) pengembangan materi bahan ajar (4) validasi (5) Revisi awal (6) Ujicoba lapangan. Produk pengembangan yang dihasilkan mengacu pada model Robert E.Gabler et all. Buku tersebut memiliki keunggulan dalam aspek kebahasaan substansi dan penyajian gambar yang kontekstual. Tahap validasi dilakukan untuk menguji kelayakan produk sebelum diuji cobakan di lapangan. Uji coba lapangan dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang kelas X IIS. Angket yang diberikan untuk siswa terdiri dari 15 indikator menunjukkan hasil presentase kelayakan produk sebesar 81%. Hasil angket tanggapan guru berdasarkan skor nilai mencapai 61 00. Hal ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar sudah valid dan dapat digunakan. Skor dalam uji pemahaman materi menunjukkan dari jumlah 24 siswa mencapai nilai ketuntasan dengan persentase 91 6%. Hasil tersebut menunjukkan produk hasil pengembangan sudah baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi ahli desain ahli materi dan ahli bahasa serta masukan dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62317

Actions (login required)

View Item View Item