Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang / Chandra Adiputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang / Chandra Adiputra

Adiputra, Chandra (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS di SMA Kristen Petra Malang / Chandra Adiputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiputra Chandra. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Modifikasi Model Jigsawuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPSdi SMA Kristen Petra Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Geografi di SMA Kristen Petra Malang diperoleh rata-rata Ujian Tengah Semester (UTS) siswa kelas X-IPS hanya 53 37 pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap. Data yang kedua hanya 21 05% dari 19 siswa yang tuntas UTS dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Tidak ada satupun siswa laki-laki yang tuntas UTS dari KKM. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPSdi SMA Kristen Petra Malang pada tahun pelajaran 2014/2015 semester genap melalui penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw dengan tiga siklus. Peningkatan pertama ketuntasan hasil belajar siswa ditargetkan minimal 50% setelah siklus pertama. Peningkatan berikutnya ketuntasan hasil belajar siswa ditargetkan minimal 85% setelah siklus kedua dan ketiga. Pendekatan yang diterapkan dalampenelitian ini ialah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang sangat menekankan pada prosespembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini ialah seluruh siswa kelas XI-IPS. Jumlah siswanya yakni 20 siswa dari yang sebelumnya berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai60% setelah siklus pertama. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai75% setelah siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai90% setelah siklus ketiga. Artinya telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPS setelah pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw diterapkan dalam tiga siklus. Pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan saran 1) siswa harus senantiasa dimotivasi untuk aktif pada saat pembelajaran berlangsung di kelasdengan cara semua siswa pada setiap kelompok senantiasa diperhatikan dan disuruh untuk mengerjakan tugas kelompok ketika pembelajaran berlangsung di kelas 2) siswa harus senantiasa dimotivasi untuk rajin masuk sekolah dengan cara semua siswa diberi tahu bahwa masuk sekolah itu sangat penting supaya siswa memperoleh nilai bila ada penilaian yang dilakukan oleh guru serta siswa tidak ketinggalan materi pembelajaran 3) siswa harus diwajibkan untuk mencatat materi pembelajaran yang sedang dipresentasikan oleh siswa lain saat presentasi kelompok 4) khusus untuk materi pembelajaran yang sangat terkait dengan angka dan perhitungan perlu dikaitkan antara kemampuan siswa dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari olehnya. Bila kemampuan siswa dalam menghitung lemah makasoal-soal harus dibuat dengan angka-angka yang bulat dan sederhana supaya siswa dapat lebih mudah dalam mengerjakannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62316

Actions (login required)

View Item View Item