Pengaruh model problem based learning dengan teknik one day one problem terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Rima Meilita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning dengan teknik one day one problem terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Rima Meilita Sari

Sari, Rima Meilita (2015) Pengaruh model problem based learning dengan teknik one day one problem terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Rima Meilita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Rima Meilita. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Teknik One Day One Problem terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M.Pd. M.P. (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph. D. Kata Kunci Model Problem Based Learning One Day One Problem Hasil Belajar Model Problem Based Learning dengan teknik One Day One Problem merupakan pembelajaran yang berorientasi pada masalah nyata. Permasalahan nyata tersebut dipecahkan dalam waktu satu hari. Permasalahan nyata yang ada di sekitar siswa dapat meningkatkan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh konsep yang esensial dari materi pembelajaran. Model Problem Based Learning dengan Teknik One Day One Problem dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan teknik One Day One Problem terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Rancangan penelitian berupa eksperimen semu dengan design non equivalent control group design. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan rata-rata nilai UAS Geografi yang hampir sama. Hasil rata-rata UAS geografi kelompok kontrol kelas XI IIS 2 sebesar 56 dan kelompok eksperimen kelas XI IIS 3 sebesar 50. Instrumen tes hasil belajar berupa soal esai berjumlah 5 butir soal. Data yang dipakai yaitu gainscore kelompok eksperimen dan kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan spss 16.0 for windows. Hasil penelitian ini ada pengaruh signifikan model Problem Based Learning dengan Teknik One Day One Problem terhadap hasil belajar geografi. Gainscore pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada konvensional. Nilai rata-rata gainscore kelas eksperimen sebesar 39 00 dan kontrol sebesar 22 50. Hasil analisis uji independent sample t-test perbedaan tersebut menunjukkan p-level 0 000. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62314

Actions (login required)

View Item View Item