Ikhsan, Fahrudi Ahwan (2015) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Fahrudi Ahwan Ikhsan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ikhsan Fahrudi Ahwan.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Prof.Dr.Achmad Fatchan M.Pd. M.P. dan (2) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Model Pembelajaran Berbasis Masalah Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan permasalahan nyata dari kehidupan sebagai dasar pembelajaran. Permasalahan yang nyata membuat rasa ingin tahu berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah untuk memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa atas materi pembelajaran sehingga dapat mencapai ketuntasan belajar. Pembelajaran Berbasis Masalah juga memiliki peranan penting dalam menghubungkan pengetahuan yang diperoleh siswa di kelas dengan pengalaman nyata di luar kelas sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna sepanjang hayat bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Penentuan subjek dalam penelitian dilakukan berdasarkan hasil belajar UAS geografi semester 1 yang hampir sama atau sama rata-rata nilainya. Penentuan kelas eksperimen untuk kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 47 memiliki rata-rata hasil belajar 76. Kelas kontrol dengan jumlah siswa 43 memiliki rata-rata hasil belajar 76 untuk kelas XI IPS 2. Rancangan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Data hasil penelitian dianalisis dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil uji statsistik diketahui nilai t-test for Equality of Means diperoleh t_hitung sebesar 5 224 dan t_tabel dengan (df) 78 dan alpha 5% adalah sekitar 2 000. Artinya terdapat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Berdasarkan hasil uji statistik dapat ditarik kesimpulan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Saran yang diberikan bagi guru dalam penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai inovasi pembelajaran diantaranya (a) Menggunakan permasalahan dalam bentuk film atau video sebagai sumber belajar siswa di kelas dan (b) Memberikan waktu yang lebih dan bimbingan kepada siswa dalam menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi di luar jam pelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62313 |
Actions (login required)
View Item |