Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar geofrafi SMA materi pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi / Nurul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar geofrafi SMA materi pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi / Nurul Hasanah

Hasanah, Nurul (2015) Pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar geofrafi SMA materi pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi / Nurul Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Nurul. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Prinsip Ekoefisiensi. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci model project based learning hasil belajar geografi. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dan menghasilkan produk dalam jangka waktu tertentu. Pembelajaran geografi mengorientasikan siswa agar mampu mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar pembelajaran menjadi bermakna. Upaya tersebut dapat dicapai dengan menggunakan model Project Based Learning yang di dalamnya terdapat proses konstruksi pengetahuan yang mampu membangun kognisi siswa. Kognisi tersebut merupakan bagian dari hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar geografi SMA materi pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi. Hal ini disesuaikan dengan keunggulan dari model Project Based Learning. Salah satu keunggulan tersebut adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini berupa quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Project Based Learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran metode tanya jawab diskusi dan presentasi pada kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Purwosari semester genap tahun ajaran 2014/2015. Instrumen tes hasil belajar berupa 4 butir soal esai. Pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data gain score dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning terhadap hasil belajar geografi SMA materi pemanfaatan sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (37 32) daripada kelas kontrol (19 85). Hasil analisis uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai p-level 0.000. Nilai p-level tersebut lebih kecil dari 0.05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62311

Actions (login required)

View Item View Item