Pengembangan suplemen bahan ajar model dikti pada materi pengelolaan sumberdaya alam berbasis kearifan lokal Repong Damar pada masyarakat adat Krui-Lampung / Novia Fitri Istiwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen bahan ajar model dikti pada materi pengelolaan sumberdaya alam berbasis kearifan lokal Repong Damar pada masyarakat adat Krui-Lampung / Novia Fitri Istiwati

Istiwati, Novia Fitri (2015) Pengembangan suplemen bahan ajar model dikti pada materi pengelolaan sumberdaya alam berbasis kearifan lokal Repong Damar pada masyarakat adat Krui-Lampung / Novia Fitri Istiwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novia Fitri I 2015. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Model Dikti Pada Materi Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Kearifan Lokal Repong Damar Pada Masyarakat Adat Krui-Lampung. Tesis. Prodi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (2) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Kearifan Lokal Bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan Geografi Sumberdaya di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Lampung hanya diktat. Diktat tersebut memiliki kekurangan yaitu hanya menguraikan sumberdaya alam secara umum dan belum memberikan contoh pengelolaan secara kontekstual. Hal tersebut menjadikan pemahaman terhadap materi rendah dan keterbatasan pengetahuan mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu perlu dikembangkan suplemen bahan ajar berbasis kearifan lokal di lingkungan mahasiswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan suplemen bahan ajar matakuliah Geografi Sumberdaya tentang kearifan lokal repong damar. Suplemen bahan ajar dikembangkan dengan menerapkan model Thiagarajan atau 4-D. Tahapan pengembangan terdiri dari 4 tahap yiatu define design develop dan disseminate. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan hingga tahap uji formatif dengan pertimbangan matakuliah Geografi Sumberdaya telah ditempuh pada semester gasal. Rancangan produk melewati tahap validasi oleh ahli materi kurikulum dan desain pembelajaran. Produk awal melewati tahap validasi oleh ahli materi desain pembelajaran dan bahasa. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan kepada 45 mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Lampung. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan suplemen bahan ajar matakuliah Geografi Sumberdaya berbasis kearifan lokal repong damar. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi ahli desain pembelajaran dan ahli bahasa masing-masing sebesar 84 1% 80 33% dan 87 5%. Hasil validasi secara keseluruhan mendapat presentase sebesar 82 67% dengan kriteria sangat baik dan efektif untuk digunakan. Produk suplemen bahan ajar yang telah divalidasi selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan pada mahasiswa menunjukkan bahwa produk suplemen bahan ajar layak untuk digunakan dengan presentase 78 5% termasuk dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62308

Actions (login required)

View Item View Item