Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ellysa Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ellysa Putri

Putri, Ellysa (2015) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Ellysa Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Ellysa. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Model Pembelajaran TTW Hasil Belajar. Think Talk Write (TTW) merupakan model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep. Siswa ditempatkan sebagai subjek pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Langkah-langkah model pembelajaran TTW dimulai dari keterlibatan peserta didik dalam berpikir atau berdialog reflektif dengan dirinya sendiri (think) berbicara dan berbagi ide dengan temannya (talk) sebelum peserta didik menulis (write). Ketiga aktivitas TTW lebih efektif jika dilakukan dalam kelompok heterogen 3-6 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian dilakukan di MAN Banda Aceh I tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X IS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IS 1 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan rata-rata nilai ujian akhir semester I yang mendekati sama. Rancangan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya model pembelajaran TTW. Instrumen pengukuran hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TTW berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan selisih nilai posttest dan pretest rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini membuktikan bahwa model pembelajaran TTW berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MAN Banda Aceh I. Saran yang dapat diberikan bagi guru dan peneliti selanjutnya yaitu 1) bagi guru disarankan untuk (a) Memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam mengemukakan ide/gagasan pada tahap talk sehingga keterampilan komunikasi lisan dapat meningkat (b) Membantu siswa pada tahap write karena siswa harus menyusun jawaban secara individu sehinga keterampilan komunikasi tulisan dapat meningkat. 2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk (a) menguji pengaruh model pembelajaran TTW terhadap variabel lain serta pada lokasi jenjang pendidikan atau materi lain (b) mengintegrasikan atau membandingkan membandingkan dengan model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62307

Actions (login required)

View Item View Item