Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6e terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elan Artono Nurdin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6e terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elan Artono Nurdin

Nurdin, Elan Artono (2015) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6e terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Elan Artono Nurdin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdin Elan Artono. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 6E Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci model learning cycle 6E hasil belajar Model Pembelajaran learning cycle 6E merupakan salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran konstruktivistik yakni siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan terlibat aktif. Model pembelajaran learning cycle 6E memiliki tahapan-tahapan lebih rinci dan lebih spesifik karena memberikan arah dan tujuan pada setiap fase sehingga memungkinkan siswa semakin termotivasi untuk berpikir dan berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran learning cycle 6E terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri 2 kelas. Kelas X-IIS 3 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IIS 2 sebagai kelas kontrol. Hal ini karena siswa/i pada kedua kelas ini memiliki kemampuan yang sama atau setara berdasarkan nilai UTS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penilaian berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan model learning cycle 6E terhadap hasil belajar geografi siswa. Berdasarkan selisih pretest dan postest menunjukkan bahwa nilai rata-rata gainscore kelas eksperimen (41 83) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (34 62). Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t test menunjukkan bahwa model learning cycle 6E diperoleh nilai probability (p-level) lebih kecil dari 0 05 yaitu dengan sig 0 00. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran learning cycle 6E berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Hal ini dikarenakan siswa termotivasi untuk menjadi lebih aktif pada pembelajaran siswa dapat menemukan konsep secara langsung melalui pengumpulan informasi siswa berani untuk mengkomunikasikan atau menjelaskan konsep dengan kalimat dan bahasanya sendiri siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran karena telah menguasai konsep dan dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa di setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62306

Actions (login required)

View Item View Item