Savitri, Dewi (2015) Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Dewi Savitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Savitri Dewi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd Kata kunci Model Think Pair Share Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Model pembelajaran Think Pair Share mengedepankan aktivitas siswa dalam kelompok untuk memecahkan masalah atau pertanyaan yang diberikan guru. Model pembelajaran ini menekankan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Pembelajaran ini melatih siswa untuk menyampaikan jawaban berdiskusi kelompok dan saling menghargai satu sama lain hingga menemukan jawaban terbaik yang dipahami oleh seluruh anggota kelompok. Pembelajaran dalam model ini mengantarkan siswa untuk membangun ide atau gagasan dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengungkapkan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian yakni siswa kelas X SMA PGRI 2 Banjarmasin kelas X2 sebagai eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kesamaan nilai rata-rata ujian akhir sekolah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan instrument. Penelitian yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) pre-test dan post-test dengan tes essay 5 soal. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji-t menggunakan independent samples test diperoleh p-level lebih kecil 0 05 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |