Jamal, Rauzatul (2015) Pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar / Rauzatul Jamal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jamal Rauzatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa. Tesis Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Numbered Heads Together hasil belajar. Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi pelajaran atmosfer. Dengan model NHT siswa dapat menyelesaikan lebih banyak tugas dengan bekerjasama dalam kelompok pola interaksi sosial antarsiswa terjalin baik mampu melatih siswa percaya diri me-nyampaikan pendapat siswa aktif serta antusias dalam mengikuti setiap tahapan pem-belajaran dan NHT dapat pula mendorong terjadinya keberhasilan kelompok se-hingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah NHT yaitu 1) Numbering 2) Questioning 3) Heads Together 4) Answering. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat tahun ajaran 2014/2015. Dari 6 kelas paralel untuk subjek penelitian dipilih siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kesamaan rata-rata nilai rapor semester satu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran NHT. Instrumen pengukuran kemampuan hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda dan tes essay. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan selisih nilai pre-test dan post-test rata-rata gain score kemam-puan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi 42 97 dibandingkan dengan kelas kontrol 30 19. Hasil analisis data juga membuktikan bahwa model pembelajaran NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 2 Meulaboh karena siswa lebih bertanggung jawab percaya diri dan interaksi antar-siswa terjalin dengan baik. Saran yang dapat diberikan bagi guru dan peneliti selanjutnya yaitu 1) Bagi guru yang akan menerapkan model ini disarankan (a) perlu menyiapkan diri mengenai pemahaman tahapan-tahapan model pembelajaran NHT (b) sebaiknya penggunaan model pembelajaran NHT pada kelas dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak (c) guru perlu mengorganisasikan penggunaan waktu dengan lebih baik. 2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih mampu mengembangkan penelitian ini dengan materi dan sekolah yang berbeda dan dapat mengintegrasikan atau membandingkan dengan model pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |