Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Desi Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Desi Nurul Hidayati

Hidayati, Desi Nurul (2015) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Desi Nurul Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Desi Nurul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci inkuiri terbimbing berpikir kritis. Berpikir kritis perlu dikembangkan oleh siswa. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi akan mampu menjelaskan peristiwa global baik dalam bentuk peluang maupun tantangan. Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran tersebut berbasis penyelidikan dengan bimbingan dari guru. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis pada materi kependudukan berbentuk uraian sebanyak lima soal. Teknik penilaiannya menggunakan skor rubrik. Data yang diperoleh berupa hasil pretest dan posttest. Skor berpikir kritis diperoleh dari selisih antara posttest dan pretest (gainscore). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji-t sebesar 0 000 ( 0 05). Hal itu berarti ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Indikator berpikir kritis dalam penelitian ini ada lima. Indikator tersebut meliputi memberikan penjelasan sederhana membangun keterampilan dasar membuat inferensi memberikan penjelasan lebih lanjut serta mengatur strategi dan taktik. Indikator yang mengalami peningkatan paling besar yaitu mengatur strategi dan taktik. Peningkatan tersebut disebabkan siswa telah melakukan penyelidikan dan penelitian sederhana yang mencakup indikator kemampauan berpikir kritis. Saat keempat indikator sudah dilakukan dengan baik dan benar maka pada indikator kelima akan dengan mudah dilakukan siswa. Penelitian ini disarankan sebagai suatu pembelajaran bagi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kependudukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62301

Actions (login required)

View Item View Item