Pengembangan bahan ajar student worksheet model konstruksi berbasis pendekatan saintifik pada materi geografi semester gasal kelas XII IPS / Ratna Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar student worksheet model konstruksi berbasis pendekatan saintifik pada materi geografi semester gasal kelas XII IPS / Ratna Rahmawati

Rahmawati, Ratna (2015) Pengembangan bahan ajar student worksheet model konstruksi berbasis pendekatan saintifik pada materi geografi semester gasal kelas XII IPS / Ratna Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Ratna. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Student Worksheet Model Konstruksi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Geografi Semester Gasal Kelas XII IPS. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Achmad Amirudin M. Pd. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata Kunci bahan ajar student worksheet model konstruksi pendekatan saintifik Bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran materi penginderaan jauh pemetaan dan sistem informasi geografis (SIG) pada umumnya berupa buku teks dan LKS yang berisi materi dan soal. Oleh karena itu penelitian dan pengem-bangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar student worksheet model konstruksi berbasis pendekatan saintifik pada materi tersebut. Secara garis besar isi bahan ajar student worksheet yang dikembangkan berupa petunjuk praktikum beserta tes pemahaman yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melaksa-nakan praktikum. Pengembangan bahan ajar student worksheet ini menggunakan model Borg dan Gall (1983) yang dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Ketujuh langkah tersebut yaitu 1) research and information collecting 2) planning 3) develop and preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) operational product revision 6) operational field testing dan 7) final product revision. Model konstruksi yang digunakan didasari oleh teori belajar konstruktivisme dengan mengacu pada format student worksheet Edy Purwanto. Prinsip yang digunakan dalam menyusun kegiatan praktikum mengacu pada pendekatan saintifik. Uji coba produk dilakukan sebanyak dua tahap yaitu tahap validasi ahli (materi dan desain) dan uji coba lapangan (30 siswa kelas XII IPS SMAN 3 Malang). Data yang dianalisis bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari validator dan siswa (jawaban terbuka dari angket respon siswa) sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai tes pemahaman dan skor dari angket respon siswa. Hasil uji coba lapangan berdasarkan analisis pemahaman dan respon siswa menunjukkan kriteria sangat baik dan baik. Tingkat pemahaman siswa pada materi penginderaan jauh yakni sebesar 93 17 % (sangat baik) pemetaan 80 33% (baik) dan SIG 80 83% (baik) sedangkan rata-rata skor yang diperoleh dari analisis respon siswa yakni sebesar 3 09 (baik). Berdasarkan hasil tersebut maka produk bahan ajar student worksheet sudah memenuhi kriteria untuk bisa diguna-kan dengan beberapa perbaikan berdasarkan kritik dan saran dari siswa. Beberapa saran dari penelitian ini yaitu 1) sebelum menggunakan student worksheet sebaiknya siswa sudah membaca atau mempelajari materi terlebih dahulu 2) perlu dilakukan diseminasi produk melalui website ataupun seminar pendidikan dan 3) dilakukan pengembangan sejenis pada materi lain yang bersifat prosedural.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62300

Actions (login required)

View Item View Item