Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA / Hendri Prastiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA / Hendri Prastiyono

Prastiyono, Hendri (2015) Pengembangan multimedia materi SIG untuk SMA / Hendri Prastiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastiyono Hendri. 2015. Pengembangan Multimedia Materi SIG untuk SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata kunci geografi pengembangan multimedia sistem informasi geografis Materi sistem informasi geografis yang diajarkan di SMA terdiri dari 4 topik. Topik yang diajarkan banyak mengandung konsep konkrit dan disajikan tanpa bantuan media yang representatif. Siswa mengalami kesulitan memahami materi. Sebaiknya materi tersebut diajarkan menggunakan media yang representatif. Oleh karena itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa memudahkan memahami materi. Perancangan multimedia pembelajaran ini menggunakan R D project model Borg dan Gall (1989) yang dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi empat langkah. Keempat langkah tersebut yaitu analisis materi pengembangan produk Uji coba produk dan revisi produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan software Adobe Flash dan Adobe Primier CS4 untuk desain multimedia. Produk akhir pengembangan yang dihasilkan berupa CD multimedia pembelajaran materi sistem informasi geografis untuk SMA. Tahap validasi ahli materi dan media di dalam langkah pengembangan dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk sebelum uji coba di lapangan. Ujicoba lapangan dilakukan pada 43 siswa kelas XII IPS di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Hasil uji coba lapangan dengan 5 indikator menunjukkan persentase kelayakan produk sebesar 93 9% dan ketuntasan klasikal saat tes evaluasi produk sebesar 88 4%. Hasil tersebut menunjukkan pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Revisi setelah uji coba dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari siswa. Saran pemanfaatan meliputi (1) pembelajaran dilakukan di kelas/lab multimedia (2) penggunaan produk di dalam kelas sebaiknya menggunakan alat bantu berupa proyektor LCD dan sound speaker agar tampilan dan suara optimal (3) komputer yang digunakan harus sudah terinstal program audio dan memiliki perangkat headset. Selain itu juga saran pengembangan lanjut agar produk multimedia menjadi lebih baik yaitu (1) produk terbatas pada beberapa topik materi sistem informasi geografi sehingga perlu dikembangkan secara utuh dan menyeluruh (2) uji coba produk terbatas pada daerah perkotaan sehingga perlu diujicobakan di daerah pedesaan dan terpencil dan (3) pengembangan produk dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga untuk mendapatkan kualitas tinggi sebaiknya dilakukan multiyear. Produk diseminasikan melalui forum MGMP kabupaten Sidoarjo dan forum Asosiasi Guru Geografi Indonesia (AGGI). Selanjutnya penelitian lebih lanjut tentang multimedia disarankan (1) dalam bentuk penelitian dan pengembangan model lain lebih menekankan hasil riset berdasarkan roadmap penelitian multimedia (2) menggunakan kelas eksperimen dan kontrol pada subjek uji coba untuk mengetahui perbandingan hasil belajar (3) memadukan dengan teori belajar yang sudah ada sehingga produk pengembangan multimedia tidak berdiri sendiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62297

Actions (login required)

View Item View Item