Pengembangan multimedia pembelajaran geografi pada materi mengenal planet bumi / Nandung Intirtama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran geografi pada materi mengenal planet bumi / Nandung Intirtama

Intirtama, Nandung (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran geografi pada materi mengenal planet bumi / Nandung Intirtama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intirtama Nandung. 2015 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Pada Materi Mengenal Planet Bumi. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M. Pd. (II) Drs. Singgih Susilo M. Si. Kata Kunci geografi pengembangan multimedia pembelajaran mengenal planet bumi Mengenal planet bumi merupakan salah satu materi geografi untuk siswa kelas X IS SMA. Materi tersebut terdiri dari empat topik yang bersifat verbalistis memiliki banyak konsep konkret dan disajikan dengan menggunakan media yang terbatas. Sebaiknya materi tersebut disajikan dalam bentuk multimedia yang dapat mengintegrasikan teks gambar suara animasi dan video. Oleh karena itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran geografi pada materi mengenal planet bumi. Pengembangan multimedia dirancang dengan mengadaptasi model Research and Development Borg dan Gall (1983 775) yang terdiri dari enam tahap yaitu analisis materi pengembangan desain validasi ahli revisi produk awal uji coba prototype dan revisi prototype. Pengembangan multimedia ini berbasis computer dengan menggunakan software Macromedia Flash 8 untuk desain dan pengaturan. Tahap validasi dilakukan untuk mengkaji kelemahan-kelemahan produk sebelum diujicobakan di lapangan. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas X IS SMA BSS Malang. Hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa persentase kelayakan produk sebesar 90 7% dan 78 2% dalam uji pemahaman materi. Hal tersebut menunjukkan hasil pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Revisi setelah uji coba dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari siswa. Saran pemanfaatan meliputi (1) pembelajaran dilakukan di laboratorium komputer (2) komputer yang digunakan harus memiliki headset (3) penggunaan produk di dalam kelas sebaiknya menggunakan alat berupa LCD dan pengeras suara (4) aplikasi multimedia pembelajaran sebaiknya sudah berada dalam komputer server dan user dan (5) memperhatikan petunjuk penggunaan multimedia yang disertakan di dalam CD pembelajaran. Selain itu disarankan adanya penelitian lebih lanjut dengan memperbaiki kelemahan yang terdapat pada komponen materi dan media. Diseminasi produk melalui MGMP guru geografi kota Malang facebook dan laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

View Item View Item