Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang / Sri Kuliasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang / Sri Kuliasih

Kuliasih, Sri (2015) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang / Sri Kuliasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kuliasih Sri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Dr. Achmad Amirudin M. Pd (II) Dr. Budijanto M. Sos. Kata kunci model pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal melalui pengamatan langsung dan wawancara dengan guru mata pelajaran geografi di sekolah SMA PGRI 1 Ploso Jombang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X-IIS belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pra tindakan yang didapat dari ulangan harian materi langkah penelitian geografi dari 18 siswa kelas X-IIS yang mendapat nilai 8805 75 hanya 4 siswa. Kelas X-IIS memiliki permasalahan dengan hasil belajar yang perlu segera diatasi karena banyak siswa yang belum mencapai KKM. Didapatkan data rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66. Ketuntasan belajar secara klasikal juga belum terpenuhi karena hanya 22% siswa dalam kelas yang tuntas dari 85% yang disyaratkan. Solusi untuk memecahkan permasalahan pembelajaran yang ada di kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam penelitian ini sebagai satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan model tersebut siswa lebih banyak dilibatkan pada aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian ini mengambil Kompetensi Dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika litosfer pada materi proses pembentukan tanah dan pemanfaatannya. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar berupa skor pra tindakan siklus I dan siklus II serta ketuntasan belajar klasikal pada masing-masing siklus. Data ini kemudian dianalisis dengan membandingkan rata-rata nilai pra tindakan siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan adalah soal dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian mulai dari pra tindakan siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X-IIS SMA PGRI 1 Ploso Jombang. Rata-rata nilai pra tindakan adalah 66 mengalami peningkatan menjadi 70 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 79. Ketuntasan hasil belajar klasikal sebelum tindakan adalah sebesar 22% meningkat pada siklus I menjadi 33% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mencapai standar minimal ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas yaitu 8805 85% siswa di dalam kelas mencapai daya serap 8805 75 (KKM 8805 75). 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini antara lain (1) bagi para guru apabila menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing hendaknya memiliki kompetensi dalam bidang penelitian (2) bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran geografi hendaknya lebih memperhatikan kesesuaian materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62294

Actions (login required)

View Item View Item